Jejak Reshuffle Kabinet Era Jokowi-Ma'ruf Amin

Selasa, 13 Agustus 2024 - 18:28 WIB
loading...
Jejak Reshuffle Kabinet...
Foto bersama seusai pelantikan Kabinet Indonesia Maju di Istana Merdeka pada 23 Oktober 2019. Hingga saat ini Presiden Jokowi telah melakukan lima kali reshuffle kabinet. FOTO/DOK.SETPRES
A A A
JAKARTA - Isu reshuffle kabinet semakin santer terdengar menjelang Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) lengser. Beberapa menteri dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) disebut akan diganti.

Meski Istana Negara berulang kali menepis isu reshuffle kabinet, nyatanya kabar pergantian menteri Kabinet Indonesia Maju tak menyurut. Apalagi dalam pernyataan terbarunya, Presiden Jokowi menegaskan bahwa ia masih memiliki hak prerogatif untuk melakukan perombakan kabinet.

"Ya kalau diperlukan, kalau diperlukan. Saya kan udah ngomong dari dulu kalau diperlukan, saya masih punya hak prerogatif itu," kata Jokowi usia meninjau Training Center PSSI di IKN, Kalimantan Timur, Selasa (13/8/2024).



Isu reshuffle kabinet semakin mendekati kenyataan setelah Ketua DPP PDIP Deddy Yevri Sitorus mengungkap informasi terkini. Kabar pertama yang didengar penggantian Menteri ESDM Arifin Tasrif, menteri yang direkomendasikan PDIP.

"Nah sekarang tambah lagi info, ada namanya Pak Laoly (Menkumham Yasonna H Laoly) dan Bu Bintang (Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Darmawati). Kita nggak tahu yang mana," kata Deddy kepada wartawan, Selasa (13/8/2024).

Deddy mengatakan, PDIP tetap berkomitmen menjaga Pemerintahan Jokowi sampai akhir. Namun ia juga menyadari bahwa reshuffle kabinet merupakan hak prerogatif Presiden.

"Kecuali memang merasa tidak membutuhkan lagi. Kalau tidak membutuhkan lagi itu hak prerogatifnya silakan saja. Kita nggak ada masalah, tapi kita tidak akan mundur dari komitmen kita," ujarnya.

Lima Kali Reshuffle Kabinet

Pergantian menteri kabinet bukan hal baru di pemerintahan Presiden Jokowi. Sejak berkuasa pada 2014, Jokowi berulang kali melakukan reshuffle kabinet. Bahkan pada periode kedua kepemimpinan Jokowi bersama Wapres Ma'ruf Amin, sejak 2019 hingga saat ini, reshuffle kabinet telah dilakukan sebanyak lima kali.

Bongkar pasang menteri dilakukan Jokowi-Ma'ruf Amin dengan beragam alasan. Ada yang karena kinerja, terkena kasus hukum, hingga mengakomodasi partai politik yang bergabung ke dalam Koalisi Pemerintah. Lalu kapan saja reshuffle kabinet dilakukan Jokow-Ma'ruf Amin? Beriku ini lini waktunya:

1. 23 Desember 2020

Kabinet Indonesia Maju dibentuk Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin pada 23 Oktober 2019. Kabinet Jokowi-Ma'ruf terdiri dari empat Menteri Koordinator dan 30 menteri.

Setahun berlalu, tepatnya pada 23 Desember 2020, Presiden Jokowi melakukan reshuffle kabinet pertama di periode kedua menjabat. Sebanyak enam menteri dilantik di Istana Negara. Masing-masing Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial menggantikan Juliari Batubara. Sandiaga Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) menggantikan Wishnutama Kusubandio.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1706 seconds (0.1#10.140)