Politikus Gerindra Sebut Hak Veto Menko dari Jokowi Lucu

Senin, 28 Oktober 2019 - 11:01 WIB
Politikus Gerindra Sebut Hak Veto Menko dari Jokowi Lucu
Politikus Gerindra Sebut Hak Veto Menko dari Jokowi Lucu
A A A
JAKARTA - Otoritas veto yang diberikan Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) kepada menteri koordinator (Menko) terhadap kebijakan menteri yang bertentangan dengan visi misi presiden dan wakil presiden dinilai lucu. Maka itu, Politikus Partai Gerindra, Kawendra Lukistian mengkritisinya.

"Menurut saya, soal veto itu lucu, masa iya acuannya hanya 'sabda' Jokowi, memangnya dia raja di negeri ini ?" ujar Kawendra kepada SINDOnews, Senin (28/10/2019).

Menurut dia, aturannya harus jelas. Dia mengatakan, hak veto seorang Menko itu seharusnya diatur dalam aturan perundang-undangan. (Baca juga: Tak Punya Dasar, Fungsionaris Gerindra Pertanyakan Fungsi Hak Veto Menko )

"Berbicara soal undang-undang, tentu saja hal itu perlu dibicarakan bersama antara DPR dan pemerintah," tandasnya.

Karena, lanjut dia, dalam Undang-undang Nomor 39 Tahun 2008 tentang Kementerian Negara atau UU lainnya tidak mengatur hak veto. (Baca juga: Presiden Jokowi Berikan Otoritas Veto untuk Menko )

"Presiden itu bukan raja, perlu koordinasi dengan teman-teman di Parlemen, ngaco juga kalau Presiden Indonesia sudah merasa dirinya seperti raja," pungkasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0559 seconds (0.1#10.140)