Ansor Tegaskan Dukung Jokowi-KH Ma'ruf di Pilpres 2019

Sabtu, 02 Maret 2019 - 14:02 WIB
Ansor Tegaskan Dukung Jokowi-KH Maruf di Pilpres 2019
Ansor Tegaskan Dukung Jokowi-KH Ma'ruf di Pilpres 2019
A A A
JAKARTA - Dukungan kepada pasangan calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo (Jokowi)-KH Ma'ruf Amin terus berdatangan. Kali ini giliran MDS Rijalul Ansor yang merupakan badan semi otonom di bawah GP Ansor.

Panitia Penyelenggara Rakornas, Ali Mashar menjelaskan, pada 27-28 Februari 2019 telah dilaksanakan Rakornas MDS Rijalul Ansor di lokasi Munas Alim Ulama & Konbes NU, di kota Banjar. Dia menambahkan MDS Rijalul menghimpun para kiai, da’i, dan ulama muda NU.

"MDS Rijalul Ansor adalah ujung tombak dakwah GP Ansor yang bertugas menjaga, mendakwahkan, dan mengembangkan Islam ala Ahlussunnah Waljama’ah Annahdliyah," kata Ali.

Sementara Ketua Umum GP Ansor KH. Yaqut Cholil Qoumas dalam sambutan pembukaan rakornas mengingatkan tentang kekuatan NU sebagai Ormas Islam terbesar di Indonesia yang jika diberdayakan dengan maksimal, bisa membawa Indonesia bangkit menjadi negara yang hebat.

"Tetapi sayangnya NU belum bisa maksimal berfungsi sebagai jam'iyah. NU lebih sering terlihat sebagai jama'ah yang kurang terorganisir dan kurang kompak," ungkapnya.

"Etika dan disiplin berorganisasi masih lemah sehingga NU yang sangat besar ini terkadang dipandang sebelah mata oleh orang lain. Ketidak-kompakan itu juga terlihat ketika KH Ma’ruf Amin dicalonkan untuk menjadi cawapres pada pilpres 2019, di mana ada sebagian kalangan NU yang tidak mendukungnya," tambah Yaqut.

Padahal kata dia, NU hanya akan bisa kuat dan disegani jika jama'ah NU mampu menjalankan tertib organisasi dengan baik sehingga bisa berfungsi sebagai jam’iyah yang efektif. Maka segala bentuk perpecahan, inkoordinasi, dan segala pelanggaran terhadap peraturan dan etika berorganisasi harus dihindari.

Ketua PP MDS Rijalul Ansor, KH Mahfudz Chamid mengatakan, tentang keikhlasan berdakwah dan pentingnya menempatkan kepentingan organisasi di atas kepentingan pribadi dan kelompok.

"Setiap kader harus ingat bahwa mereka menjadi besar dan hebat karena Ansor, bukan sebaliknya. Oleh karena itu jangan sampai para kader melakukan tindakan-tindakan yang bisa merusak organisasi dan mempertaruhkan nama baik organisasi di masa depan, hanya karena ego dan kesombongan," ujar Mahfudz.

Menurut dia, selain menghasilkan keputusan-keputusan terkait organisasi, Rakornas kali ini juga menyepakati untuk mengajak para kiai muda dan ulama muda Indonesia untuk mendukung dan memenangkan pasangan Joko Widodo dan KH Ma'ruf dalam pilpres 2019, sebagai bentuk kekompakan dalam mendukung tokoh NU untuk berjuang di pemerintahan demi tercapainya cita-cita Indonesia yang adil dan makmur.

"Adapun langkah-lankah dan strategi pemenangan Jokowi-Amin, akan disampaikan langsung kepada presiden dalam Rakernas yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat," tutur Mahfudz.

Rakornas dihadiri oleh Ketua Umum GP Ansor, KH. Yaqut Cholil Qoumas, Sekjend GP Ansor, Abdulrachman, Ketua PP MDS Rijalul Ansor, KH Mahfudz, komandan Densus 99, Muhammad Nuruzzaman, Sekretaris Anggota Wantimpres, Wibowo Prasetyo, Kasatkorcab Banser kota Banjar, jajaran pengurus pusat MDS Rijalul Annsor, serta undangan dari beberapa wilayah dan cabang seluruh Indonesia.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5314 seconds (0.1#10.140)