Tiga Peluang Eks Panglima TNI Gatot Nurmantyo di Pilpres 2019

Selasa, 03 April 2018 - 08:08 WIB
Tiga Peluang Eks Panglima TNI Gatot Nurmantyo di Pilpres 2019
Tiga Peluang Eks Panglima TNI Gatot Nurmantyo di Pilpres 2019
A A A
JAKARTA - Mantan Panglima TNI Jenderal Purnawirawan Gatot Nurmantyo secara resmi telah pensiun dari kedinasan militernya. Peluang Gatot ikut Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 pun semakin kencang diperbincangkan banyak publik.

Ketua Presidium Perhimpunan Masyarakat Madani (Prima), Sya'roni menganggap, peluang Gatot yang sebelumnya ramai dipertimbangkan Partai Gerindra maju Pilpres kembali sempit setelah melihat kiprah Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang tampaknya semakin mantap mencalonkan diri menjadi capres.

Sya'roni mengungkapkan, dalam agenda keliling Jawa Barat, Prabowo tak henti-hentinya melontarkan kritik sangat pedas kepada pemerintah. Pidatonya selalu membuat gerah pihak pemerintah bersama pendukungnya.

"Penampilan Prabowo yang selalu menggebu-gebu sekaligus menepis isu soal kesehatan maupun soalnya lainnya, buktinya Prabowo masih bisa tampil prima," kata Sya'roni saat dihubungi SINDOnews, Selasa (3/4/2018).

Menurut Sya'roni, melihat sinyal di atas tampaknya peluang Gatot Nurmantyo tertutup untuk bisa mencalonkan diri dari Partai Gerindra. Kendati begitu, Gatot dianggapnya masih memiliki tiga alternatif.

Pertama bisa tetap bergabung dalam gerbong Gerindra tetapi jangan terlalu berharap akan menjadi Capres. Bisa jadi untuk Cawapres pun juga berat karena Prabowo berlatar belakang militer, lebih tepat bila didampingi tokoh sipil. Maka peran Gatot tertinggi kemungkinan menjadi Ketua Tim Sukses.

Kedua lanjut Roni sapaan akrab Sya'roni, Gatot bisa merapat ke gerbong Jokowi. Di sini jenderal bintang empat yang akrab disapa GN masih berpeluang menjadi Cawapres. Tinggal loby dan penguatan opini, maka kursi Cawapres besar kemungkinan dapat diraih.

Atau pilihan ketiga adalah membangun poros ketiga. Menurut dia, ada beberapa partai yang masih bimbang dalam menentukan sikap politik. "Bila GN mampu mempersatukan parpol-parpol tersebut maka peluang GN menjadi Capres sangat terbuka sekali," pungkasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6382 seconds (0.1#10.140)