Fadli Zon Nilai Usul Mendagri soal Plt Gubernur Rugikan Polri

Selasa, 30 Januari 2018 - 12:38 WIB
Fadli Zon Nilai Usul Mendagri soal Plt Gubernur Rugikan Polri
Fadli Zon Nilai Usul Mendagri soal Plt Gubernur Rugikan Polri
A A A
JAKARTA - Usulan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo agar dua perwira tinggi (Pati) Polri, Irjen Pol M Iriawan dan Irjen Pol Martuani Sormin dinilai akan merugikan institusi kepolisian. Maka itu, Wakil Ketua DPR Fadli Zon mengkritik usulan Tjahjo Kumolo itu.

"Ya ini menurut saya, kesalahan ini ada di pemerintah yah, bukan di Polri," ujar Fadli Zon di Gedung DPR Senayan Jakarta Selasa (30/1/2018).

Sebab, usulan Tjahjo Kumolo itu bakal mengganggu komitmen netralitas Polri, utamanya dalam Pilkada Serentak. "Dengan menarik-narik Polri ke dalam pilkada ini menurut saya rugikan Polri," tutur Wakil Ketua Umum Partai Gerindra ini.

Maka itu, usulan Tjahjo Kumolo itu disarankan agar tidak direalisasikan. "Karena ini menimbulkan spekulasi kecurigaan, ditambah lagi upaya yang dianggap upaya Pilkada curang. Karena alasannya tidak jelas," paparnya.

Lagipula, kata dia, masih banyak pejabat di kementerian maupun di pemerintah daerah yang mumpuni. Memaksakan ini, menurut dia Kemendagri akan menimbulkan distrust masyarakat kepada pilkada, partai peserta, dan kandidat itu sendiri.

Seperti diketahui, Adapun M Iriawan diusulkan menjabat Plt Gubernur Jawa Barat. Sementara Martuani Sormin diusulkan menjabat Plt Gubernur Sumatera Utara.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7918 seconds (0.1#10.140)