Menjadi Koran Multiplatform

Sabtu, 02 Juli 2016 - 20:59 WIB
Menjadi Koran Multiplatform
Menjadi Koran Multiplatform
A A A
Hary Tanoesoedibjo
Pemimpin Umum KORAN SINDO

Tak terasa perjalanan KORAN SINDO mewarnai kancah persuratkabaran Tanah Air sudah genap 11 tahun pada 30 Juni 2016. Tentu saja perjalanan 11 tahun koran ini penuh dengan dinamika seiring dengan perkembangan zaman yang menuntut pelayanan informasi yang serbacepat, mengikuti teknologi terkini, tetapi harus tetap akurat, inspiratif, dan layak dijadikan referensi.

Tuntutan zaman itu mau tidak mau, suka tidak suka, turut mewarnai perjalanan KORAN SINDO yang resmi terbit perdana pada 30 Juni 2005. Sejak awal lahir, KORAN SINDO dirancang sebagai surat kabar harian yang berbeda dengan yang lain. Ada unique selling point yang disiapkan khusus agar koran baru yang lahir di tengah kompetisi persuratkabaran yang sudah mencapai titik keseimbangan yang sulit digoyahkan pada waktu itu bisa eksis.

Masihkah ada peluang bagi koran baru untuk hadir di area yang sudah padat itu? Begitu kira-kira pertanyaan besar yang harus kita jawab sebelum benar-benar mewujudkan mimpi menerbitkan koran dengan konsep berbeda sehingga bisa mencuri perhatian audiens yang telah lama menikmati kemapanan dalam mengonsumsi informasi melalui media, terutama media cetak.

Dengan keyakinan dan tentu saja dukungan besar dari perusahaan induknya (MNC Group), selangkah demi selangkah koran dengan konsep baru ini pelan tapi pasti mendapat perhatian publik. Proses meyakinkan audiens terhadap sajian informasi baru ini pun dilalui dengan penuh liku.

Namun liku-liku yang diwarnai suka duka itu justru menjadi sumber inspirasi untuk terus-menerus melahirkan ide-ide segar yang ternyata sangat berguna dalam menguatkan faktor pembeda koran ini dengan yang lain. Kita patut bersyukur konsep koran visual (view paper) yang menjadi ciri utama KORAN SINDO bisa diterima audiens dan khalayak dengan tangan terbuka.

Sajian berita dan informasi aktual dan akuntabel yang direkam oleh awak redaksi disajikan sesuai dengan perkembangan teknologi informasi terkini, yaitu dengan infografis yang dominan, perwajahan halaman yang modern, jumlah teks yang efisien, dan tentu saja tulisan-tulisan inspiratif yang tajam, aktual, dan analitis baik dari jurnalis maupun para kolumnis utama kita.

Di tengah gempuran informasi dari media digital serta media sosial seperti yang terjadi sekarang ini, koran tetap memiliki posisi strategis dilihat dari kapasitasnya dalam memengaruhi opini publik. Melalui proses pengujian informasi yang ketat berdasarkan prinsip- prinsip jurnalisme modern, koran ini hanya memberikan berita-berita dan tulisan yang memenuhi standar kualitas yang terukur sesuai dengan ketentuan dalam kode etik jurnalistik.

Di sinilah posisi surat kabar menjadi penting. Dalam ulang tahun ke-11 kali ini diambil tema ”Sebelas Naik Kelas”. Tema ini dimaksudkan sebagai motivasi agar media cetak harian tetap menjadi pilihan utama pembaca dan stakeholders di tengah berbagai macam pilihan cara mendapatkan informasi dan berita dari platform media lain.

Dengan kata lain, KORAN SINDO sudah memosisikan diri sebagai koran multiplatform yang berarti tidak hanya bisa diakses melalui hard copy- nya, tetapi juga bisa melalui website www.koransindo.com, melalui KORAN SINDO digital di gadget android, serta melalui berbagai aplikasi yang bisa diakses melalui internet secara mobile.

Berkat dukungan media di MNC Group pula konten-konten inspiratif KORAN SINDO bisa dinikmati pembaca maupun pemirsa melalui siaran televisi dalam KORAN SINDO ON TV di MNC News Channel Indovision maupun live streaming melalui SINDONEWS.com. Tak hanya itu, KORAN SINDO juga menguatkan sinergi konten dengan media cetak lainnya seperti majalah maupun tabloid dan tentu saja dengan 4 stasiun televisi grup, yakni RCTI, MNCTV, GlobalTV, dan iNewsTV.

Tak hanya itu, KORAN SINDO juga aktif berinteraksi dengan pembaca melalui media sosial baik Facebook, Twitter, Instagram, google + maupun lainnya. Aktivitas-aktivitas off air pun menjadi perekat yang efektif antara koran dengan audiens dan sekaligus menjadi ajang diskusi dan tukar pikiran untuk kemajuan bersama.

Sinergi itu semakin menguatkan posisi KORAN SINDO sebagai koran multiplatform yang memberi banyak pilihan kepada audiens untuk mendapatkan konten yang aktual, inspiratif, dan terpercaya. Dengan sistem multiplatform ini jarak antara koran dengan pembacanya semakin dekat. Inilah yang lambat laun menumbuhkan rasa saling memiliki antara koran dan pembacanya.

Di sinilah peran pembaca menjadi sangat sentral dalam mewarnai perjalanan koran ini di masa depan. Sebagai surat kabar yang relatif muda tentu masih banyak kekurangan yang harus diperbaiki. Karena itu kritik dan masukan dari pembaca dan semua pihak adalah vitamin bagi kami untuk terus berbenah dalam menyajikan konten-konten yang bermutu, bermanfaat, dan menjawab kebutuhan masyarakat sesuai dengan perkembangan zaman.
(poe)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2807 seconds (0.1#10.140)