Kritik PAN ke Pemerintah Jokowi-JK Soal Rakyat Miskin

Rabu, 30 Desember 2015 - 04:02 WIB
Kritik PAN ke Pemerintah Jokowi-JK Soal Rakyat Miskin
Kritik PAN ke Pemerintah Jokowi-JK Soal Rakyat Miskin
A A A
JAKARTA - Partai Amanat Nasional (PAN) menyatakan, ada dua sektor yang harus dibenahi duet Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK) dalam menjalankan roda pemerintahan. Keduanya yakni sektor ekonomi dan politik.

Wakil Ketua Umum PAN Bara Hasibuan mengatakan, hingga setahun umur Pemerintahan Jokowi-JK, Kabinet Kerja yang dibentuk belum menunjukkan soliditas.

"Kami menyaksikan berbagai perselisihan internal antarmenteri yang berujung gaduh," kata Bara dalam acara refleksi akhir tahun 2015 di Kantor DPP PAN, Jalan Senopati, Jakarta Selatan, Selasa 29 Desember 2015.

Sementara itu di sektor ekonomi, Bara menyoroti pertumbuhan ekonomi yang lambat dan lemahnya nilai tukar rupiah. Masyarakat miskin semakin meningkat menjadi 28,6 juta jiwa pada 2015. Sementara, tahun 2014 berjumlah 27,8 juta jiwa.

Menurutnya, dari jumlah orang miskin yang meningkat tersebut, PAN menyebutkan ada 7,58 juta jiwa tidak memiliki lapangan pekerjaan. "Pemerintah harus mengubah sistem ekonomi dengan strategi investasi dan industri agar ekonomi nasional tidak keropos," ucap Bara.

Lantas apakah kritik yang dirilis PAN ini berkaitan dengan isu reshuffle kabinet yang belakangan berhembus? PAN menampik dugaan tersebut.

"Ini hanya evaluasi umum. Tidak ada hubungannya dengan reshuffle kabinet ataupun kursi menteri," ucap Waketum PAN Hanafi Rais.

Pilihan:

Peringatan Rizal Ramli ke Jokowi Soal Reshuffle Kabinet
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7461 seconds (0.1#10.140)
pixels