PAN Berpeluang Tempatkan Kader di Kabinet Jokowi-Maruf Amin

Minggu, 05 Juli 2020 - 13:40 WIB
loading...
PAN Berpeluang Tempatkan Kader di Kabinet Jokowi-Maruf Amin
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno menilai Partai Amanat Nasional (PAN) memiliki peluang masuk dalam kabinet Presiden Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Hal ini terjadi jika Presiden Jokowi membutuhkan kekuatan dari partai nonparlemen.

"Sebenarnya sangat tergantung bagaimana kebutuhan presiden dalam melakukan reshuffle . Kalau kebutuhan bisa mengakomodasi partai nonparlemen saat ini maka jawabannya cukup realistis PAN masuk," ujar Adi saat dihubungi SINDOnews, Minggu (5/7/2020).

Analis politik UIN Jakarta ini pun mengatakan, reshuffle kabinet yang dilakukan oleh Presiden Jokowi di tahun ini itu kecenderungan murni urusan profesionalisme. "Karena Presiden ini kan marah-marah karena kerja menterinya biasa-biasa saja," jelasnya. (Baca juga: Soal Reshuffle Kabinet, PKS: Kami Oposisi Sendiri Nggak Apa-Apa ).

Selain itu, tidak adanya kegaduhan seperti misalnya partai-partai politik nonparlemen seperti yang terjadi pada periode awal. "Periode awal kenapa terjadi perombakan ya karena memang butuh partai lain untuk menstabilkan dukungan di parlemen, kalau sekarang parlemen sudah kondusif, tinggal bagaimana reshuffle ini memang diorientasikan untuk menjaga profesionalisme."
(zik)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1397 seconds (10.55#12.26)