Distribusi Daging Kurban, Lazisnu Gunakan Besek Bambu

Jum'at, 30 Juni 2023 - 18:57 WIB
loading...
Distribusi Daging Kurban, Lazisnu Gunakan Besek Bambu
NU Care-Lazisnu PBNU menggunakan besek dari bambu dan alas daun pisang sebagai wadah daging kurban yang didistribusikan kepada masyarakat. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - NU Care-Lazisnu PBNU menggunakan besek dari bambu dan alas daun pisang sebagai wadah daging kurban yang didistribusikan kepada masyarakat. Penggunaan besek bambu dan daun pisang ini bagian dari komitmen menjaga lingkungan.

"Kami mencoba menerapkan untuk wadah daging kurban yang ramah lingkungan berupa besek terbuat dari anyaman bambu. Penggunaan besek bambu untuk wadah daging kurban yang dibagikan kepada warga memang menjadi komitmen dalam program Nusantara Berqurban," kata Direktur Eksekutif NU Care-LAZISNU PBNU Qohari Cholil saat menyaksikan penyembelihan hewan kurban dan pendistribusian daging di kompleks kediaman Sekjen PBNU Syaifullah Yusuf di Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Kamis (29/06/2023). Di kompleks tersebut memang menjadi salah satu titik lokasi penyembelihan dan penyaluran qurban kerja sama NU Care-LAZISNU PBNU dan Shoppe Barakah pada program Nusantara Berqurban tahun ini.

Praktik tersebut, menurut Qohari, merupakan bagian kecil dari upaya mewujudkan semangat (tagline) Nahdlatul Ulama di abad kedua, yakni Merawat Jagat Membangun Peradaban. Penggunaan besek bambu diterapkan di berbagai titik penyaluran daging kurban Lazisnu.

Ketua Panitia Qurban NU Care-LAZISNU tahun 2023, Moesafa menegaskan, implementasi program Nusantara Berqurban-Qurban Membahagaikan, pihaknya memperhatikan segala aspek mulai dari pengumpulan hewan qurban hingga pendistribusian daging kurban. Menurutnya ada Standard Operational Procedure (SOP) dalam mendistribusikan daging kurban. Penerapan SOP ini wajib diterapkan di seluruh jaringan LAZISNU di seluruh Nusantara dan mancanegara.

"Kebersihan nomor satu. Jangan sampai menambah persoalan baru, terutama sampah. Penumpukan sampah yang sulit didaur ulang dalam waktu yang panjang, jadi kami menggunakan kemasan yang ramah lingkungan. Pengepakan daging qurban LAZISNU menggunakan besek bambu," kata Moesafa di sela penyembelihan sapi qurban limousin dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Rumah Potong Hewan (RPH) Perumda Dharma Jaya Penggilingan, Cakung, Jakarta Timur, Kamis (29/6/2023).

Penggunaan besek bambu, kat Moesafa, dapat membantu pengembangan ekonomi masyarakat yang memproduksi wadah yang terbuat dari anyaman bambu. Menurutnya, hal ini juga bertujuan untuk mengkampanyekan jargon 'Stop Kresek, Use Besek' yang telah menjadi ciri khas program Nusantara Berqurban NU Care-LAZISNU.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1120 seconds (0.1#10.140)