Pansel Punya Tugas Berat untuk Pilih Komisioner KPU dan Bawaslu

Selasa, 06 September 2016 - 10:43 WIB
Pansel Punya Tugas Berat untuk Pilih Komisioner KPU dan Bawaslu
Pansel Punya Tugas Berat untuk Pilih Komisioner KPU dan Bawaslu
A A A
JAKARTA - Panitia Seleksi (Pansel) calon komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan calon komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dinilai memiliki tugas yang berat.

Anggota Komisi II DPR Hetifah Sj‎aifudian mengatakan, Pansel harus mampu memilih orang-orang yang siap membangun KPU menjadi lembaga yang bisa dipercaya publik.

"Apalagi 2019 Pemilihan Presiden dan Pemilu Legislatif akan dilakukan serentak, butuh kemampuan manajemen dan kerja sama yang baik," kata Hetifah di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (6/9/2016).

Kendati demikian, dia menilai Pansel yang baru saja dibentuk itu merupakan figur-figur yang cukup kredibel dan kompeten. "Mereka selama ini cukup kritis, mudah-mudahan ketika memilih juga teliti dan selektif," tuturnya.

Namun dia menyayangkan hanya dua wanita ‎yang berada di Pansel tersebut. Sebab, menurut dia, minimal tiga wanita mengisi posisi di Pansel.

‎"Sekarang hanya satu dari tujuh. Minimal harus dua. Apalagi target keterwakilan perempuan di parlemen harus ditingkatkan. Salah satunya dengan manajemen pemilu yang lebih ramah perempuan," pungkasnya.

Adapun Pansel itu adalah:

Ketua merangkap Anggota: Saldi Isra
Wakil Ketua merangkap Anggota: Ramlan Surbakti
Sekretaris merangkap Anggota: Soedarmo

Anggota:

1. Widodo Ekatjahjana
2. Valina Singka Subekti
3. Hamdi Muluk
4. Nicolaus Teguh Budi Harjanto
5. Erwan Agus Purwanto
6. Harjono
7. Beti Alisjahbana
8. Komarudin Hidayat
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5069 seconds (0.1#10.140)