Di-bully Akibat Tolak Israel di Piala Dunia U-20, Ganjar: Saya Tidak Pernah Menyesal

Selasa, 04 April 2023 - 17:39 WIB
loading...
Di-bully Akibat Tolak Israel di Piala Dunia U-20, Ganjar: Saya Tidak Pernah Menyesal
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tidak pernah ragu bersikap dalam konteks Piala Dunia U-20. Meskipun keputusan itu tidak setujui sejumlah pihak. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tidak pernah ragu bersikap dalam konteks Piala Dunia U-20 . Meskipun keputusan itu tidak setujui sejumlah pihak.

"Saya tidak pernah ragu akan keputusan yang saya ambil," kata Ganjar dalam wawancara dengan Najwa Shihab, Selasa (4/4/2023).

Menurut Ganjar, keputusan yang tidak pernah ragu itu diambil tidak hanya dalam konteks Piala Dunia U-20. Namun berbagai hal dalam kebijakannya. "Saya tidak pernah menyesal, karena ini sebuah sikap keputusan yang harus kita ambil," tegasnya.

Ganjar menjelaskan, Indonesia punya komitmen konstitusi yang menyatakan untuk ikut mendukung perdamaian di dunia dan penghapusan penjajahan. Khususnya mendukung kemerdekaan Palestina.

"Itu menjadi kontrak sosial kita, penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan keadilan. Dan tentu saja ada juga politik luar negeri kita yang bebas aktif, turut serta dalam perdamaian dunia dan itu dilakukan," ujarnya.

Menurut Ganjar, Indonesia konsisten menerapkan konstitusi itu sejak zaman Presiden Soekarno hingga Presiden Joko Widodo (Jokowi). Selain itu, Ganjar juga mengungkapkan adanya konflik sepak bola yang dilakukan Israel terhadap Palestina.

Terbaru, Israel menyerang Palestina pada pertandingan dengan menggunakan gas air mata. "Itu fakta yang terjadi, dan pemerintahnya hari ini di Israel memang rasa-rasanya sangat kanan begitu, sehingga potensi-potensi terjadi konfliknya akan sangat tinggi, ini yang juga kondisi empiris yang ada," imbuhnya.

Ganjar juga menyampaikan adanya beberapa kelompok yang menolak Israel dan memungkinkan adanya gangguan keamanan. Ia sendiri selalu mengantisipasi hal tersebut.

Ganjar menambahkan, Permenlu No 3/2019 menjelaskan Indonesia tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel. Termasuk menentang penjajahan Israel atas wilayah dan bangsa Palestina. Karenanya Indonesia menolak segala bentuk hubungan resmi dengan Israel.

"Aturannya jelas, enggak boleh bendera, enggak boleh lagu kebangsaan, enggak boleh forum umum, forum khusus diberikan kepada yang seperti itu," tegasnya.

Ganjar menegaskan sikapnya itu ikut aturan pemerintah dan secara konsisten Indonesia menerapkan hal itu. "Kita ikut aturan, konstitusi kita ikut serta, dan kita tidak lupa pada sejarah, jas merahnya. Dan ini perjuangan cukup panjang, sejak Bung Karno sampai Pak Jokowi. Indonesia salah satu yang konsisten," paparnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2196 seconds (0.1#10.140)