Dukung OTT, DPR Juga Minta KPK Kedepankan Pengawasan dan Pencegahan

Selasa, 10 Januari 2023 - 10:08 WIB
loading...
Dukung OTT, DPR Juga Minta KPK Kedepankan Pengawasan dan Pencegahan
Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni mendukung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk terus melakukan operasi tangkap tangan (OTT). Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni mendukung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk terus melakukan operasi tangkap tangan (OTT) . Hal itu sebagaimana yang disampaikan Juru Bicara (Jubir) KPK Ali Fikri yang menegaskan bahwa KPK akan tetap melakukan OTT sebagai upaya menurunkan kasus korupsi.

Menurut Politikus Partai Nasdem ini, OTT merupakan salah satu cara KPK untuk memberantas korupsi, bukan sebatas drama yang tidak perlu. Apalagi, survei kepuasan publik terhadap KPK cukup tinggi dan OTT merupakan salah satu faktor dari kepuasan tersebut.

“OTT ini kan salah satu cara KPK untuk memberantas dan menjerat para pelaku korupsi. Kalau bisa ditangkap saat kejadian kenapa tidak. Sebab proses pembuktian jadi berlangsung lebih cepat dan mudah karena adanya barang bukti. Plus kalau kita bicara survei kepuasan publik terhadap KPK, poin utama pertimbangan publik ada pada OTT. Lagi pula kalau memang ini dramatis, apa salahnya publik ‘melihat langsung’ ada maling ditangkap?,” ujar Sahroni kepada wartawan, Selasa (10/1/2023).

Namun demikian, Sahroni tetap meminta KPK untuk memperkuat sistem pengawasan dan pencegahan dalam rangka menekan seminimal mungkin potensi korupsi di berbagai lini. Tentu sistem pengawasan dan pencegahannya harus mengikuti perkembangan zaman, karena pelaku korupsi pun semakin lihai. Dengan adanya sistem yang ketat, angka korupsi dapat ditekan jauh lebih banyak.

“Tapi memang KPK harus tetap utamakan sistem pengawasan dan pencegahan. Dan (sistemnya) harus up to date, sebab pelaku korupsi saat ini sudah semakin canggih-canggih."

"Jadi KPK harus terus kaji dan evaluasi secara berkala untuk hasilkan sistem yang terbaik. Tutup rapat-rapat segala celah korupsi. Dengan begitu saya yakin kita dapat lebih efektif dan efisien,” pungkas Legislator asal Tanjung Priok ini.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1783 seconds (0.1#10.140)