Efek Gema Gangster

Kamis, 22 Desember 2022 - 22:31 WIB
loading...
A A A
Imitasi
Maraknya berita dan informasi seputar aksi gangster yang terus menggema lewat medsos dapat memicu proses peniruan (imitasi) di kalangan remaja. Tak sedikit remaja yang turut terpanggil dan ikut turun ke jalan dan mencoba menjadi gangster. Rasa penasaran muncul karena efek gaung yang didengungkan lewat medsos. Efek echo chamber informasi aksi gangster mampu memengaruhi sejumlah remaja di tempat lain.

Aksi kebrutalan para gangster telah meresahkan banyak warga. Di sejumlah daerah, sekelompok anak muda telah beraksi bengis melukai korbannya. Para gangster yang kebanyakan berusia remaja itu melakukan aksi brutal demi menunjukkan eksistensi dirinya. Tak semua aksi gangster dengan tujuan merebut harta korban. Banyak di antara aksi gangster yang puas saat melihat korbannya terluka.

Fenomena maraknya gangster karena ada unsur peniruan. Tak sedikit remaja yang meniru aksi gangster karena menjadi gangster terlihat keren. Seperti halnya banyak narasi yang digambarkan dalam konten-konten di medsos. Tak sedikit pula video dan film-film action di YouTube yang menggambarkan aksi para gangster dengan menunggang motor yang keren dan menyita perhatian banyak orang yang melihatnya.

Para gerombolan remaja yang telah tergabung menjadi gangster kecenderungannya apabila melakukan pelanggaran hukum, mereka akan merasa kuat karena mereka melakukannya secara bersama-sama. Kehadiran mereka secara berkelompok inilah yang menjadikan segerombolan gangster merasa kelompoknya sulit dikalahkan sehingga tak jarang gangster yang menganiaya dan melukai korbannya.

Kemunculan gangster di sejumlah tempat akhir-akhir ini memang harus dipahami dengan bijak. Masyarakat perlu membedakan antara begal atau rampok dan segerombolan gangster yang beranggotakan anak-anak muda yang sedang mencari jati diri dan butuh eksistensi. Sejatinya, para gangster yang terdiri atas anak-anak muda ini perlu dibina dan dibuatkan wadah untuk menunjukkan eksistensi diri mereka dan menampung potensi dirinya agar tersalurkan dengan baik.

Aksi para gangster bisa jadi akan sulit terbendung karena kuatnya efek echo chamber informasi di medsos. Untuk itu, membuat kontra narasi tentang gangster perlu dilakukan agar menutup peluang terjadinya peniruan. Narasi yang mengandung pesan bahwa gangster itu keren dan patut dicontoh perlu dilawan dengan aneka narasi baru yang lebih berdampak positif. Dengan kontra narasi maka algoritma komputer dan medsos akan muncul narasi gangster yang tak memicu terjadinya imitasi oleh para remaja.

Saat penetrasi medsos yang sangat kuat di kalangan masyarakat dan remaja perlu dibangun kesadaran dan kewaspadaan. Melalui kemampuan literasi media digital para pengguna medsos bisa menjadi kekuatan penting dalam memecah terjadinya gelembung informasi yang tercipta karena efek echo chamber.
(bmm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2934 seconds (0.1#10.140)