5 Fakta Laksamana TNI Marsetio, Peraih Adhi Makayasa yang Pernah Jabat KSAL

Rabu, 07 Desember 2022 - 15:35 WIB
loading...
A A A
Untuk diketahui, menurut UU 20/2009 tentang Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan disebutkan bahwa penyematan tanda kehormatan ini ditujukan guna memberi penghormatan kepada mereka yang berjasa terhadap keutuhan, kelangsungan, dan kejayaan bangsa dan negara Indonesia.

Baca juga : Daftar 4 Peraih Adhi Makayasa Akmil, AAL, AAU dan Akpol 2022

3. Memiliki Sejumlah Tanda Penghargaan dari Luar Negeri

Selain berbagai tanda kehormatan yang didapat dari dalam negeri, Laksamana Marsetio juga pernah menerima hal yang sama dari beberapa negara di luar Indonesia.

Sebagai contoh, dia pernah mendapat medali Pengabdian Militer Dengan Pujian (Meritorious Service Medal-Military) atau Pingat Jasa Gemilang dari pemerintah Singapura di tahun 2015.

Adapun penyematan tanda kehormatan tersebut dilakukan oleh Menteri Transportasi dan Menteri Kedua Pertahanan Singapura Lui Tuck Yew. Selain Singapura, beberapa penghargaan lain juga didapat Marsetio dari negara lain.

Sebut saja seperti The Legion of Merit dari Amerika Serikat pada 24 September 2014, Officer of the Military Division of the Order of Australia pada tahun 2015, dan lain sebagainya.

4. Memiliki Banyak Brevet

Sepanjang kariernya, Laksamana TNI (Purn) Marsetio juga telah menyemat banyak penghargaan berupa brevet. Di antaranya adalah Brevet Selam TNI, Brevet Atas Air, Brevet Kopaska, Brevet Komando Paskhas, Brevet Australian Navy, Brevet Tri Media Taifib, Brevet Antiteror Denjaka, Wing Penerbal, Wing Penerbang TNI AU, hingga Brevet Hiu Kencana.

5. Karier di Luar AL
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1344 seconds (0.1#10.140)