Daftar 4 Peraih Adhi Makayasa Akmil, AAL, AAU dan Akpol 2022

Rabu, 06 Juli 2022 - 07:20 WIB
loading...
Daftar 4 Peraih Adhi Makayasa Akmil, AAL, AAU dan Akpol 2022
Presiden Jokowi didampingi Wapres Maruf Amin memberikan ucapan selamat kepada para peraih Adhi Makayasa 2021 dari setiap matra TNI dan Polri saat upacara Prasetya Perwira TNI-Polri 2021 di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (13/7/2021). Foto/Antara
A A A
JAKARTA - Daftar peraih Adhi Makayasa 2022 dari semua akademi pendidikan militer dan kepolisian di Indonesia telah diumumkan. Para peraih penghargaan lulusan terbaik itu nantinya akan menerima penyematan bintang Adhi Makayasa dari Presiden Joko Widodo dalam upacara Prasetya Perwira (Praspa) yang dijadwalkan berlangsung di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (14/7/2022).

Adhi Makayasa merupakan penghargaan untuk lulusan terbaik akademi TNI/Polri atas prestasi pada aspek-aspek akademis, jasmani, dan kepribadian, yang dihitung sejak calon prajurit taruna sampai tingkat akhir (penilaian akumulasi). Selain Adhi Makyasa, dikenal pula penghargaan Tri Sakti Wiratama.

Bedanya, Tri Sakti Wiratama diberikan kepada lulusan Akademi TNI/Polri atas prestasi dari aspek akademis, jasmani, kepribadian, hanya pada tingkat terakhir pendidikan. Lazimnya, peraih Adhi Makayasa juga mendapatkan Tri Sakti Wiratama. Namun tidak sedikit peraih Adhi Makayasa, tetapi bukan sekaligus Tri Sakti Wiratama.

Taruna penyandang lulusan terbaik biasanya diumumkan dalam upacara Penutupan Pendidikan (Tupdik) sekaligus Wisuda Sarjana Taruna/Taruni Tingkat IV. Untuk Akademi Militer atau Akmil, berlangsung di Gedung Moch Lily Rochli, Magelang, Kamis (30/6/2022). Wisuda dipimpin Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman.

Baca juga: Mutasi TNI, KSAD Dudung Dikelilingi Jenderal Akmil 1988

Tahun ini Akmil meluluskan 287 Taruna/Taruni Tingkat IV terdiri atas 269 Taruna dan 18 Taruni bergelar Sarjana Terapan Pertahanan (S.Tr.Han). Jenderal Dudung mengucapkan selamat kepada para wisudawan.

”Keberhasilan merupakan buah kerja keras dan potensi diri yang telah ditunjukkan selama pendidikan. Namun, janganlah lupa bahwa semua itu tidak terlepas dari doa restu orang tua dan keluarga yang telah mendukung perjuangan maupun pengorbanan selama ini,” ujarnya dalam keterangan resmi, dikutip Rabu (6/7/2022).

Di Surabaya, 107 Calon Perwira Remaja Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan ke-67 mengikuti Upacara Penyumpahan Prajurit yang digelar di lapangan Aru, Kesatrian AAL Bumimoro, Rabu (29/6/2022). Mereka pun dengan lantang mengikrarkan Sumpah Prajurit yang dipandu Gubernur AAL Laksamana Muda TNI Denih Hendrata.

Sementara itu di Gedung GSM Kesatrian AAU, Jogjakarta, KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo memimpin upacara Tupdik Karbol (Taruna AAU) tingkat IV, Selasa (28/6/2022). Sebanyak 108 Karbol yang tahun ini diwisuda.

Di Akademi Kepolisian, Semarang, Jawa Tengah, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menutup pendidikan taruna Akademi Kepolisian (Akpol) angkatan ke-53 'Arkana Satriadharma' di Semarang, Jawa Tengah. Mereka yang dinyatakan lulus tahun ini sebanyak 246 orang, terdiri atas 215 taruna dan 31 taruni.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1145 seconds (11.210#12.26)