Spesifikasi dan Keunggulan Tavor X95, Senapan Serbu Andalan TNI AU Produksi Negara Yahudi

Jum'at, 02 Desember 2022 - 05:34 WIB
loading...
A A A
Sejak 2014 beberapa unit infanteri dibekali dengan karabin Tavor X95 yang di-upgrade, dilengkapi dengan laras yang lebih panjang 380 mm (15"). Senjata ini memiliki jangkauan efektif sekitar 360-380 meter. Ada juga laras senapan serbu 419 mm (16,5") dan panjang laras 279 mm (11") untuk senapan mesin ringan 9 mm. Barel yang berbeda dapat dengan mudah diganti oleh pengguna.

Spesifikasi dan Keunggulan Tavor X95, Senapan Serbu Andalan TNI AU Produksi Negara Yahudi

Foto/Ben Brown/Guns.com

Tavor X95 adalah senjata yang praktis. Semua kontrolnya dapat dengan mudah diakses dengan kedua tangan. Sakelar mode keamanan dan penembakan terletak dengan nyaman di atas pegangan pistol dan dapat dipasang di kedua sisi penerima. Pegangan memiringkan telah dipindahkan lebih dekat ke pusat massa penembak. Pegangan memiringkan juga bisa dipasang di kedua sisi. Karabin ini dapat dengan mudah dikonfigurasikan oleh penembak untuk pengeluaran kasing kanan atau kiri.

Setelah diubah menjadi senapan mesin ringan 9x19 mm, Tavor X95 menggunakan magasin berkapasitas 20, 25, dan 32 peluru. Ini adalah magasin standar yang digunakan oleh senapan mesin ringan Uzi.

Tavor X95 memiliki rel tipe Picatinny. Konsep penggunaan awal dari rel ini adalah untuk alat bidik teleskopik. Ada alat bidik besi cadangan, namun ini dimaksudkan hanya untuk penggunaan darurat.

Karabin X95 yang digunakan oleh IDF biasanya digunakan dengan penglihatan refleks siang/malam Meptolight M21. Juga senjata ini sering digunakan dengan pandangan titik merah Meprolight M5. Kedua pemandangan ini dapat digunakan bersamaan dengan teropong pembesar. Senjata ini memiliki jangkauan efektif sekitar 300 meter.

Selain itu, Tavor X95 juga memiliki rel jenis Picatinny tambahan di pegangan depan. Fungsinya menjadi dudukan untuk aksesoris senjata lainnya, seperti gagang vertikal, lampu senter militer, penunjuk laser, peralatan modus malam (night vision), reflex sight, gagang depan, bipod, atau senter taktis.

Tavor X95 dapat memasang peluncur granat di bawah laras M203 atau IWI GL40 40 mm. Namun karena ukurannya yang ringkas, hanya beberapa versi senjata ini yang dapat memasang bayonet pisau.

Versi X95 yang dilengkapi dengan amunisi pistol 9x19 mm dapat memasang laras dengan peredam suara integral. Itu datang sebagai standar dengan alat konversi. Peredam suara ini menggunakan amunisi standar, bukan putaran subsonik khusus.
(kri)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1252 seconds (0.1#10.140)