Spesifikasi dan Keunggulan Tavor X95, Senapan Serbu Andalan TNI AU Produksi Negara Yahudi

Jum'at, 02 Desember 2022 - 05:34 WIB
loading...
Spesifikasi dan Keunggulan Tavor X95, Senapan Serbu Andalan TNI AU Produksi Negara Yahudi
Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) dibekali dengan senapan serbu Tavor X95 yang diproduksi oleh negara Yahudi dalam menjalankan tugasnya menjaga negara. Foto/19fortyfive
A A A
JAKARTA - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) dibekali dengan persenjataan yang mumpuni dalam menjalankan tugasnya menjaga negara. Salah satunya senapan serbu yang digunakan untuk menyerang secara beramai-ramai atau menggempur musuh.

TNI AU diketahui sudah aktif menggunakan senapan serbu Tavor X95 yang diproduksi oleh negara Yahudi itu. Alutsista ini diproduksi oleh Israel Weapon Industries (IWI) dan juga digunakan oleh angkatan bersenjata Israel, yaitu Sayeret Matkal Israel. Baca juga: 4 Dokter yang Memiliki Karier Cemerlang sebagai Jenderal TNI

Lantas seperti apa spesifikasi dan keunggulan Tavor X95? Dikutip military-today.com, Jumat (1/12/2022), fitur utama dari senjata Tavor X95 adalah dapat digunakan sebagai senapan serbu, karabin, atau senapan mesin ringan. Sebelumnya dikenal sebagai MTAR-21 atau Micro Tavor.

Spesifikasi dan Keunggulan Tavor X95, Senapan Serbu Andalan TNI AU Produksi Negara Yahudi

Foto/Gatdaily

Namun pada tahun 2002 diganti namanya menjadi Tavor X95. Meskipun didasarkan pada Tavor TAR-21, keduanya adalah senjata yang berbeda. Pada tahun 2009, Tavor X95 diadopsi oleh Pasukan Pertahanan Israel (IDF) sebagai senjata infanteri standar. Pada tahun 2018 semua unit infanteri dilengkapi dengan senjata ini.

Pada tahun 2014, Tavor 5,56 x 45 mm didapuk sebagai Rifle of The Year untuk kategori Golden Bullseye Award dari American Riffleman Magazine. Ada enam posisi penembakan yang jadi andalan dalam pengoperasian Tavor, mulai dari stabil saat menembak dalam posisi tengkurap, duduk, berlutut, berdiri, menembak di bawah lengan dan dari pinggul.

Tavor X95 adalah senjata api selektif yang dioperasikan dengan gas dengan tata letak bullpup. Bullpup adalah konfigurasi senjata api, dimana mekanisme dan magasinnya terletak di belakang pelatuk. Magasinnya berada di bagian popor. Karena tata letaknya yang tidak biasa, senjata ini memiliki dimensi yang ringkas. Ini dapat dengan mudah digunakan di dalam gedung atau ditembakkan dari kendaraan. Secara keseluruhan itu terbukti menjadi desain yang andal.

Senjata ini dilengkapi dengan amunisi standar NATO 5,56x45 mm. Selanjutnya ada kit konversi yang memungkinkan untuk mengonfigurasi senjata ini untuk menembakkan peluru senapan serbu 5,45x39 mm Rusia atau amunisi pistol 9x19 mm. Kit konversi mencakup barel yang berbeda, modul dengan mekanisme penembakan internal, magasin, dan adaptor magasin.

Dengan kit konversi ini, senjata yang sama dapat dengan mudah diubah oleh pengguna untuk menembakkan amunisi 5,56x45 mm menjadi 5,45x39 mm atau 9x19 mm. Ada juga versi X95, dengan amunisi 7,62x35 mm (300 AAC Blackout). Pada tahun 2013 dilaporkan bahwa akan ada versi yang dilengkapi dengan amunisi berkekuatan penuh standar NATO 7,62x51 mm.

Versi standar karabin Tavor X95 awalnya datang dengan laras 330 mm (13"). Senjata ini terutama ditujukan untuk menembak jarak dekat. Senjata ini memiliki jangkauan efektif sekitar 300 meter. Tampaknya jangkauan ini tidak mencukupi.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2395 seconds (10.101#12.26)