Bertemu Dubes Uni Eropa, DPR Bahas Peluang Ekspor Produk UMKM

Kamis, 09 Juli 2020 - 10:44 WIB
loading...
Bertemu Dubes Uni Eropa, DPR Bahas Peluang Ekspor Produk UMKM
fWakil Ketua Komisi XI Fathan Subchi saat menerima kunjungan Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunei Darussalam Vincent Picket di Kompleks DPR/MPR, Senayan, Jakarta, Rabu 8 Juli 2020. Foto/SINDOnews/Abdul Rochim
A A A
JAKARTA - Produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Indonesia dinilai mempunyai peluang besar untuk masuk pasar Uni Eropa . Hanya saja peluang ini butuh kerja keras untuk mewujudkannya termasuk mendapatkan bantuan dari negara-negara Uni Eropa.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua Komisi XI Fathan Subchi saat menerima kunjungan Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunei Darussalam Vincent Picket di Kompleks DPR/MPR, Senayan, Jakarta, Rabu 8 Juli 2020.

“Kami sangat berharap yang mulia duta besar bisa memberikan kesempatan bagi produk-produk kami terutama dari sektor UMKM agar bisa masuk pasar negara-negara yang tergabung dalam Uni Eropa,” kata Fathan.

Menurut dia, selama ini banyak produk UMKM dari Indonesia yang masuk pasar Eropa. Namun produk-produk tersebut masuk melalui pihak ketiga seperti Thailand dan Vietnam.

“Jadi banyak produk kita yang berkualitas seperti produk tekstil dan produk agrokultural yang beredar di Pasar Eropa, tapi masuk dari negara lain,” katanya.( )

Fathan mengungkapkan berdasarkan kajian dari berbagai Lembaga seperti Kadin, masyarakat Uni Eropa sangat tertarik dengan produk asal Indonesia terutama kopi, makanan olahan, dan fesyen. Ke depan dia berharap produk-produk tersebut langsung dikirimkan dari Indonesia.

“Dengan demikian para pelaku UMKM akan mendapatkan margin besar sehingga kesejahteraan mereka juga akan lebih baik,” katanya.

Politikus PKB ini juga memberikan apresiasi atas inisiatif Uni Eropa yang mengalokasikan bantuan sebesar 340 Juta Euro bagi negara-negara di Asia Tenggara untuk percepatan penanggulangan wabah korona (Covid-19).

Indonesia akan mendapatkan alokasi sebesar 6 juta Euro dari total bantuan tersebut. “Kami sangat memberikan apresiasi atas komitmen Uni Eropa untuk bersama-sama menanggulangi wabah Covid-19 yang menjadi keprihatinan bersama warga dunia saat ini,” ujarnya.

Indonesia, kata Fathan, berharap peningkatan kerja sama dengan Uni Eropa di berbagai bidang yang tercantum dalam Uni Eropa-Indonesia Partnership and Cooperatioan Agreetment (PCA). Dalam PCA tersebut Indonesia-Uni Eropa sepakat untuk meningkatkan kualitas kerja sama, baik di bidang politik maupun ekonomi.
“Kami meyakini bahwa ke depan hubungan Indonesia dan Uni Eropa akan semakin erat dan menguntungkan kedua belah pihak,” ujarnya.

Secara khusus, Fathan meminta agar Uni Eropa secara serius menyelesaikan sengketa dengan Indonesia terkait produk olahan kelapa sawit. Menurutnya kedua belah pihak saling membutuhkan untuk mendapatkan produk kelapa sawit yang berkualitas dengan harga yang pantas.

“Kami berharap agar kedua belah pihak kembali duduk bersama dan menghasilkan kesepakatan yang saling menguntungkan,” katanya.
(dam)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2633 seconds (0.1#10.140)