Berharap Perusahaan Menerapkan ESG

Selasa, 15 November 2022 - 12:01 WIB
loading...
A A A
Sedangkan survei oleh IBCSD pada 2021, indeks ESG Indonesia menduduki peringkat ke-36 dari 47 pasar modal di dunia. Survei lain oleh IBCSD mengatakan 40% perusahaan di Indonesia masih kurang paham tentang pentingnya penerapan ESG.

Hasil survei Mandiri Institute juga menyatakan sekitar 60% emiten mengakui kesulitan menentukan kriteria, metrik, dan KPI (indikator kinerja) berbasis ESG. Faktor lain yang menjadi tantangan terbesar dalam penerapan ESG yakni kurangnya informasi atau data.

Saat ini, mulai banyak investor dan pengambil kebijakan yang menyadari pentingnya investasi terhadap bisnis yang mengadopsi langkah-langkah ESG dengan tujuan melindungi bisnis dari risiko yang tak terduga di masa depan. Perusahan dengan penerapan ESG yang kuat akan lebih mudah memasuki pasar baru dan memperluas operasi. Di samping itu, konsumen juga lebih menyukai merek produk yang menjunjung nilai-nilai yang baik dan ramah lingkungan.

Bisnis dengan tata kelola yang baik (good governance) juga akan mampu menghadapi berbagai tekanan dari regulator, para aktivis lingkungan, serikat pekerja, dan sebagainya. Di samping itu konsumen juga lebih menyukai merek produk yang menjunjung nilai-nilai yang baik dan ramah lingkungan.

Investasi bertema ESG dan SDG juga mengalami tren peningkatan seiring semakin pedulinya investor terhadap isu-isu keberlanjutan. Pada 2016, Bursa Efek Indonesia mencatat hanya 1 produk ESG di pasar modal, sementara pada 2021 jumlahnya meningkat drastis menjadi 15 produk dengan nilai Rp3,45 triliun. Pemerintah pun telah menerbitkan SDG Bond perdana pada 2021 lalu dan juga obligasi bertema SDG senilai total Rp35,2 triliun.

ESG memang bukan kewajiban tetapi alangkah lebih baik apabila perusahaan-perusahaan menerapkan ESG. Diharapkan dengan meningkatknya partisipasi perusahaan dalam menerapkan ESG dapat membuat perubahan besar dalam mewujudkan Indonesia yang lebih hijau.
(bmm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1288 seconds (0.1#10.140)