Game Changer, Tuntutan atau Tantangan?

Minggu, 13 November 2022 - 13:51 WIB
loading...
Game Changer, Tuntutan atau Tantangan?
I Gede Alfian Septamiarsa, Pranata Humas Ahli Muda/Sub Koordinator Komunikasi Pimpinan Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi Jatim. Foto/Dok
A A A
I Gede Alfian Septamiarsa, S.Sos, M.I.Kom

Pranata Humas Ahli Muda/Sub Koordinator Komunikasi Pimpinan Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi Jatim

Ada satu fenomena yang tampak dan sedang terjadi secara terus-menerus dalam kehidupan kita, yakni perubahan yang begitu cepat seperti sebuah revolusi peradaban. Fenomena yang menuntut setiap individu untuk menjadi agen perubahan ( game changer ) atau objek dari perubahan itu sendiri.

Sejatinya, perubahan bukan anomali. Manusia mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Mulai lahir, lalu menjadi remaja, dewasa, hingga masuk pada kehidupan bekerja. Perubahan terjadi secara berkala dan tidak bisa dihindari. Manusia menikmati proses itu.

Berbeda dengan perubahan peradaban yang dipengaruhi perkembangan teknologi. Prosesnya begitu cepat. Tak jarang, manusia harus mengernyitkan dahi. Sebab, munculnya perubahan terjadi secara bergiliran. Memahami satu aspek perubahan tidak cukup. Ada aspek lain yang juga muncul secara bersamaan.



Karena itu, menjadi subjek dari proses perubahan tidak mudah. Namun, fenomena itu harus dihadapi. Ketika teknologi semakin pesat perkembangannya, membuat perubahan di berbagai lini juga mengikuti dengan cepat. Era disrupsi pun menjadi hal yang tak terelakkan. Wajar jika kemudian muncul pertanyaan: game changer, tuntutan atau sebuah tantangan.

Definisi tuntutan adalah satu kewajiban yang harus dijalani seseorang. Lalu tantangan, adalah sebuah fenomena yang muncul untuk kemudian dihadapi dengan adanya motivasi untuk menaklukkan. Dua pilihan berbeda yang dihadapkan masyarakat saat ini.

Lantas berbagai game changer pun bermunculan di tingkat daerah, nasional maupun internasional. Di Jatim ada Cleona Einar Maulidiva yang telah mengantongi 90 medali dalam berbagai kompetisi Olimpiade Matematika dan Sains.

Generasi milenial juga harus berani menjadi game changer atau agen perubahan. Apalagi saat ini semua dipermudah dengan teknologi. Hal tersebut semakin lengkap dengan menguasai ilmu pengetahuan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1195 seconds (0.1#10.140)