AICIS dan Reaktualisasi Peradaban Kemanusiaan

Rabu, 02 November 2022 - 15:34 WIB
loading...
A A A
Karena itu, perhelatan AICIS menjadi relevan sebagai bagian dari konsolidasi akademis untuk terus menyuarakan pembaruan komitmen keagamaan yang relevan dengan persoalan kontemporer.

Perjalanan kehidupan keagamaan di republik ini memang harus terus dikawal secara bersama agar laju-geraknya tidak berhenti di persimpangan jalan. Stagnasi berpikir akan meruntuhkan bangunan peradaban yang selama ini tengah bergerak ke arah surplus kemanusiaan: memuliakan manusia.

Pelbagai kajian dari akademisi perguruan tinggi keagamaan yang dipresentasikan pada forum AICIS ke-21 ini menjadi sangat relevan sebagai tolok ukurnya. Lahirnya pencarian warna baru bagi pengembangan kehidupan keberagamaan dengan menggunakan pelbagai pendekatan keilmuan, dapat ditemukan pada hasil riset akademisi perguruan tinggi keagamaan.

Penelitian-penelitian yang tidak hanya berputar-putar pada persoalan teknis semata, namun memberikan ruang untuk bergeser dari tempurung akademik yang kaku menuju ijtihad yang fresh untuk menjawab persoalan pelik kemanusiaan.

Kajian akademis seperti ini harus ditransformasikan secara bertahap dan cepat. Mimbar akademik AICIS menjadi wahana yang tepat untuk membuka mata sekaligus keluar dari kungkungan eksklusivitas yang meminggirkan nalar dan logika.

Paradigma truth-claim (klaim kebenaran)perlahan digeser dan digantikan oleh paradigma berpikir yang toleran, inklusif, dan pluralistik di mana keragaman yang berbeda di muka bumi ini dianggap sebagai hukum alam yang tidak bisa dinafikan begitu saja.

Pada sisi yang lain, proses akulturasi dalam penerapan hukum Islam juga meniscayakan untuk mengakomodasi pemahaman konstekstual dengan memperhatikan aspek-aspek lokalitas yang mengitarinya.

Selamat berkonferensi. Semoga AICIS menjadi tangga awal menuju peradaban umat manusia yang unggul.
(bmm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1885 seconds (0.1#10.140)