Mentransformasi Jaminan Sosial sebagai Budaya Masyarakat

Rabu, 26 Oktober 2022 - 12:17 WIB
loading...
A A A
Termasuk kasus yang belakangan muncul di beberapa media yakni dugaan korupsi di Taspen Life, dengan sendirinya akan menimbulkan pertanyaan publik, “Amankah uang saya?”. Atau dalam konteks asuransi lainnya, “Apakah lembaga ini mampu menutupi kewajibannya pada para peserta terkait manfaat-manfaat yang dijanjikan?” dan akan banyak lagi pertanyaan yang tidak hanya memerlukan jawaban verbal, melainkan juga dengan tindakan.

Komitmen Transformasi
Lembaga jaminan sosial seperti BPJS Ketenagakerjaan memiliki regulasi yang begitu ketat di samping tata aturan yang sudah dibuat dalam konteks internasioal yakni ISSA Guidelines sebagai pegangan para pengelola jaminan sosial di dunia yang saat ini anggotanya lebih dari 160 negara.

Menyambut ISSA World Forum 2022, akhir Oktober ini di Marakes, salah satu kota tua di Maroko yang menjadi salah satu ikon budaya di dunia, memberikan harapan kuat untuk menjadikan budaya jaminan sosial yang di-endors oleh seluruh negara dan dalam struktur negara dengan melibatkan semua stakeholder dan tokoh-tokohnya, baik tokoh agama, masyarakat, pemuda dan pimpinan-pimpinan organisasi lintas sektoral. Proses transformasi budaya menjadi resolusi dan masuk dalam peta universal coverage. Semoga.

Selamat berkumpul dan berdiskusi dengan semangat sharing knowledge di World Social Security Forum – ISSA di Marakes, Maroko.
(bmm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1336 seconds (0.1#10.140)