Inilah 5 Perbedaan Penjara Militer dan Penjara Sipil yang Jarang Diketahui

Senin, 17 Oktober 2022 - 17:09 WIB
loading...
A A A
Sedangkan, tipe kedua biasanya acapkali bersifat korektif. Maksudnya, sesekali mereka akan menunjukan otoritasnya dengan para narapidana. Adapun tujuannya sendiri agar para tahanan bisa tetap menunjukan sikap baiknya selama berada di dalamnya.

2. Rehabilitasi

Penjara militer memiliki banyak cara untuk merehabilitasi para tahanan selama mendekam di dalamnya. Mereka biasanya akan diperintah untuk berlatih di berbagai bidang, seperti pertukangan, perhotelan, kuliner, dan lain sebagainya.

Berbeda dengan penjara sipil yang memberi para tahanan kesempatan tertentu, seperti program rehabilitasi narkoba bagi pelaku penyalahgunaan, hingga kursus pendidikan serta pelatihan kerja. Semua diberikan tergantung kebutuhannya.

Baca juga : Menilik Rutan Tempat Kolonel Priyanto Ditahan yang Disebut Penjara Militer Tercanggih

3. Kegiatan Harian

Di penjara militer, hari biasa akan bermula sejak pukul 06.00. Setelah perhitungan harian atau absen, kemudian membersihkan diri, para tahanan selanjutnya akan melakukan berbagai aktivitas.

Sebut saja seperti membersihkan asrama, bekerja di dapur, dan jenis pekerjaan lainnya. Intinya, setiap hari mereka memiliki jadwal yang harus ditaati. Kemudian, barulah di akhir pekan akan lebih banyak hiburan atau rekreasi dibanding pekerjaan biasanya.

4. Salam Hormat

Meski masih menjadi bagian dari militer, narapidana di penjara militer tidak diperbolehkan memberi hormat kepada atasan atau perwira militer terkait. Jika melanggarnya, hal tersebut bisa menjadi pelanggaran dan berpotensi dikenai hukuman.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1600 seconds (0.1#10.140)