Inilah 5 Perbedaan Penjara Militer dan Penjara Sipil yang Jarang Diketahui

Senin, 17 Oktober 2022 - 17:09 WIB
loading...
Inilah 5 Perbedaan Penjara Militer dan Penjara Sipil yang Jarang Diketahui
Perbedaan antara penjara militer dengan penjara sipil. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Perbedaan antara penjara militer dengan penjara sipil menjadi sebuah hal yang menarik untuk dibahas.

Melihat pengertiannya menurut KBBI, penjara diartikan sebagai tempat atau bangunan untuk mengurung orang hukuman. Dalam penyebutannya, penjara juga biasa disebut sebagai bui atau lembaga pemasyarakatan .

Menurut jenisnya, ternyata penjara memiliki beberapa kategori juga. Di antaranya yang paling umum adalah penjara sipil dan penjara militer. Adapun kedua jenis tersebut memiliki sejumlah perbedaan didalamnya.

Baca juga : Penjara-penjara di Belanda yang Ditutup karena Kekurangan Narapidana

Dikutip dari laman My Law Questions, penjara militer dibangun dan dikelola oleh pihak militer. Adapun tujuannya untuk menahan anggota militer yang terbukti melakukan tindak kejahatan yang bertentangan dengan aturan, tawanan militer, hingga individu yang bisa mengancam keamanan nasional.

Dilansir dari laman The Soldiers Project, berikut beberapa perbedaan di antara penjara militer dengan penjara sipil.

1. Penjaga

Tak seperti rutan biasa, penjaga yang ditugaskan di penjara militer biasanya berasal dari unit pasukan keamanan setempat atau bisa juga dari polisi militer.

Dalam menjalankan tugasnya, mereka berperan untuk mengontrol dan merawat para tahanan militer. Pada keberadaannya, para petugas juga bertanggung jawab untuk menciptakan lingkungan penjara yang aman dan bebas dari masalah atau konflik.

Kemudian, untuk penjaga di penjara sipil, biasanya mereka terbagi menjadi dua tipe. Pertama, mereka yang hanya ingin melaksanakan tugasnya saja dengan santai dan aman.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3404 seconds (0.1#10.140)