Miliki Elektabilitas Tinggi, AHY Dinilai Bisa Menjadi Kunci Kemenangan di Pilpres 2024

Minggu, 16 Oktober 2022 - 21:56 WIB
loading...
A A A
Menurut Bawono ada tiga tujuan penting yang harus diperhatikan dalam komposisi capres-cawapres. Pertama, memastikan kemenangan di pemilu. Representasi wilayah menjadi penting dari pasangan capres-cawapres.

“Karena mayoritas pemilih berada di Pulau Jawa, dengan Jawa Barat, Jawa Tengah dan Timur sebagai kantong-kantong pemilih terbesar, maka Jawa menjadi kunci kemenangan. Artinya bagaimana komposisi capres-cawapres bisa mengamankan kemenangan di wilayah ini,” jelasnya.

Kedua, stabilitas koalisi. Komposisi ideal capres-cawapres harus dapat menjaga soliditas antarpartai koalisi, termasuk soliditas kabinet kalau nanti terpilih. “Memastikan kebijakan yang dihasilkan dalam rapat-rapat kabinet itu berjalan baik menjadi tujuan ketiga dari komposisi capres-cawapres. Kita bisa belajar dari Pak SBY-JK, pada 2004-2009, saat ada pembagian tugas dan sinergi dalam menjalankan kekuasaan,” imbuhnya.

Pakar political branding lulusan LSE London Diska Putri Pamungkas menilai, kuatnya dukungan terhadap AHY merupakan bentuk pilihan rasional dan juga emosional masyarakat.

"Meski banyak generasi muda dan segmen perempuan yang suka pada AHY secara emosional dan visual, di balik itu ada alasan rasional yang membuat mereka tertarik pada AHY, seperti kebutuhan untuk mendapatkan pemimpin yang tegas, dan jujur. Latar belakang AHY sebagai perwira militer diyakini bisa mengisi kebutuhan ini. Apalagi rekam jejak AHY bersih," tandas Diska.
(cip)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1219 seconds (0.1#10.140)