Ikhtiar Kolektif Tumbuhkan Minat Baca

Sabtu, 01 Oktober 2022 - 07:06 WIB
loading...
A A A
Di samping itu, keberadaan perpustakaan harus dijadikan sebagai sumber informasi utama dan wahana belajar yang nyaman, menarik, dan rekreatif. Karenanya, pelayanan dan suasana perpustakaan haruslah mendukung. Jumlah koleksi buku berkualitas sesuai kebutuhan pemustaka juga harus ditingkatkan.

Dan, pemanfaatan perpustakaan di lembaga pendidikan akan lebih efektif jika diintegrasikan dengan aktivitas-aktivitas pembelajaran. Tentunya semua pihak juga harus bersinergi menggalakkan kampanye atau program kesadaran literasi yang inovatif dan kreatif, dijalankan berkelanjutan dan komprehensif.

Sudah saatnya pemerintah pusat dan daerah mendorong kebijakan anggaran yang baik terhadap eksistensi perpustakaan sehingga kualitasnya dapat ditingkatkan dan adaptif terhadap kebutuhan masyarakat di era digital. Guna memberikan stimulus minat baca dan daya beli, tiada salahnya juga pemerintah bersama penerbit buku membuat kebijakan dan kerja sama tentang buku berkualitas yang harganya terjangkau oleh masyarakat.H

Hanya bangsa dengan literasi tinggi menjadi prasyarat menuju masyarakat informasi yang merupakan ciri dari masyarakat maju dan modern. Bangsa ini sedang berjalan menyongsong Indonesia Emas tahun 2045, pastinya sumber daya manusia yang literat, unggul dan mumpuni sangat diperlukan pada masa kini dan mendatang.











Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1626 seconds (0.1#10.140)