Kinerja Mengecewakan Jadi Alasan DPR Copot Hakim MK Aswanto

Jum'at, 30 September 2022 - 14:02 WIB
loading...
Kinerja Mengecewakan Jadi Alasan DPR Copot Hakim MK Aswanto
Ketua Komisi III DPR RI, Bambang Wuryanto angkat bicara ihwal keputusan mencopot hakim Aswanto dan menggantikan Guntur Hamzah sebagai hakim Mahkamah Konstitusi. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ketua Komisi III DPR RI, Bambang Wuryanto angkat bicara ihwal keputusan mencopot hakim Aswanto dan menggantikan Guntur Hamzah sebagai hakim Mahkamah Konstitusi (MK) . Dia menyebut, pergantian itu dilakukan sebagai evaluasi atas kinerja dari Aswanto.

"Tentu (kinerjanya) mengecewakan dong," kata pria yang akrab disapa Bambang Pacul, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (30/9/2022).

Baca juga: Jimly Asshiddiqie Sebut Keputusan DPR Pecat Hakim Konstitusi Aswanto Merusak Demokrasi

Dia pun turut menyinggung sikap hakim Aswanto yang kerap kali menganulir produk-produk hukum yang dibuat parlemen. Padahal kata dia, Aswanto terpilih sebagai hakim MK pun atas dasar pengajuan dari DPR itu sendiri.

"Kalau kamu usulkan seseorang untuk jadi direksi di perusahaanmu, kamu sebagai owner, itu mewakili owner. Kemudian kebijakanmu enggak sesuai dengan direksi, ownernya gimana? Gitu loh. Kan kita dibikin susah," ujarnya.

Baca juga: Hakim Konstitusi Aswanto Mendadak Diganti Guntur Hamzah, Legislator PKS Kaget

Kendati demikian, politikus PDIP itu mengelak jika disebutkan DPR kecewa atas sikap hakim Aswanto tersebut. Akan tetapi, dia mengingatkan soal komitmen.

"Dasarnya Anda tidak komitmen, gitu loh. Enggak komit dengan kita, ya mohon maaf lah ketika kita punya hak," pungkasnya.
(maf)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1057 seconds (10.177#12.26)