Ini 7 Senjata Api Paling Populer yang Digunakan Pejuang Kemerdekaan Indonesia

Kamis, 04 Agustus 2022 - 10:56 WIB
loading...
Ini 7 Senjata Api Paling Populer yang Digunakan Pejuang Kemerdekaan Indonesia
Sedikitnya ada tujuh senjata api paling populer yang digunakan para pejuang kemerdekaan. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada tujuh senjata api paling populer yang digunakan para pejuang kemerdekaan . Senjata tersebut rata-rata di dapat dari hasil perampasan .

Pada masa sebelum kemerdekaan para tentara Indonesia awalnya hanya menggunakan senjata sederhana dan apa adanya karena senjata api saat itu belum banyak terdapat di Tanah Air.

Baca juga : Renungan Peringatan Kemerdekaan

Untuk itu para tentara ini harus pintar guna mengimbangi senjata tentara kolonial. Perampasan senjata pun kerap dilakukan oleh para pejuang kemerdekaan. Sehingga mereka mendapat beberapa senjata api yang bisa digunakan dalam melawan penjajah. Hal ini membuat beberapa senapan sempat populer di era tersebut.

Berikut tujuh senjata api paling populer yang digunakan pejuang kemerdekaan Indonesia seperti dilansir dari berbagai sumber :

1. M 1928 Tompson

Seri Thompson SMG pertama kali dirancang pada tahun 1919 oleh Jenderal John Thompson asal Amerika Serikat. Meskipun sempat ditolak oleh negaranya sendiri senjata api ini justru telah diekspor ke berbagai negara Asia seperti Jepang dan China.

Pecahnya Perang Dunia II digunakan oleh pasukan Inggris dan Kanada. M1928 merupakan yang paling populer saat itu. Pada akhirnya senjata ini digunakan Amerika Serikat setelah produksinya mencapai sekitar 2.700.000 model.

Pasukan Indonesia juga sempat menggunakan senjata ini ketika melakukan perampasan senjata dari tentara kolonial Belanda.

2. M1 Garand

Senjata ini merupakan temuan dari John C. Garand pria asal Kanada yang menetap di Amerika Serikat. M1 Garand didesain pada tahun 1924 dan mulai dibuat pada tahun 1936 di AS.

Pada masa Perang Dunia II Senapan ini bisa dibilang yang paling canggih. Dengan kaliber 30-06 inchi ditambah dengan sistem semi otomatis membuatnya populer di zaman itu. Senapan ini pada awalnya dibawa oleh tentara Inggris dan Belanda ke Indonesia. Senjata ini juga merupakan hasil rampasan dari para tentara kolonial.

3. Bren LMG

Senjata api yang dibuat di Inggris pada tahun 1930an ini menggunakan amunisi 0,303, dan memiliki kecepatan tembakan antara 480 dan 540 putaran per menit (rpm), tergantung pada modelnya. Sejarahnya Inggris memproduksi senjata ini atas lisensi dari pabrik senjata Ceko. Bren sendiri merupakan salah satu nama kota di Ceko.

Senjata ini muncul di Indonesia ketika pecahnya peristiwa pasca kemerdekaan 10 November 1945 di Surabaya. Jenis senjata ini sampai saat ini masih digunakan oleh Polri.

4. Arisaka

Jepang menjadi negara pemrakarsa senjata api yang dirancang oleh Baron Nariakira Arisaka, dan mulai diproduksi pada tahun 1897 hingga 1945 oleh beberapa gudang senjata di Negeri Sakura.

Senjata itu digunakan oleh Tentara Kekaisaran Jepang dalam jumlah besar selama Perang Dunia II. Senjata ini menggunakan sistem Bolt action (sekali kokang tembak) dengan kaliber 6.5x50 mm.

Ketika pembentukan PETA beberapa tentara Indonesia juga diberikan senapan ini. Namun senjata ini berhenti produksi setelah Jepang kalah dan menyerah tanpa syarat pada Perang Dunia II.

Baca juga : Kisah Yang Chil-seong, Pejuang Kemerdekaan Indonesia asal Korea yang Merepotkan Belanda

5. Sten Gun

Inisiatif Inggris pada perang Dunia II melahirkan senjata ini. Pembuatan senapan ini dilakukan di berbagai tempat yaitu, kanada, Australia dan Amerika Serikat pada tahun 1941.

Senjata ini bisa dibilang mudah dibuat, bahkan pabrik rumahan juga bisa membuatnya. Dibuat dengan kaliber 9x19mm Parabellum sehingga mudah untuk dirawat. Sayangnya jangkauan tembak senjata ini terbilang pendek.

Pada awal kedatangan Inggris ke Indonesia, pejuang Indonesia sempat merampasnya untuk digunakan dalam melindungi diri dan melawan penjajah.

6. LE (Lee Enfield)

Bisa dibilang senapan ini merupakan senapan yang paling sukses pada masa itu. Senjata ini pertama kali diproduksi pada tahun 1895 dengan kaliber 0.303 dan sistem bolt action.

Senapan ini dirancang oleh James Paris Lee bersama RSAF ( Royal Small Arms Factory : pabrik senjata Inggris ) produksinya diperluas ke berbagai negara seperti Amerika Serikat, Australia, Kanada hingga India dan terdapat sekitar 17 juta jenis senapan.

Perampasan senjata oleh pejuang Indonesia dari Belanda dan Inggris membuatnya mendapatkan senapan berkualitas ini.

7. Type 92 heavy machine gun

Pada tahun 1932 Jepang memproduksi senjata bertipe 92 7.7x58SR heavy machine gun Type 92 untuk menembakkan nya. Selain itu senjata ini juga dilengkapi dengan tripod tipe infanteri padat dengan mekanisme traverse dan elevasi.

Pada masa penjajahan Jepang di Indonesia, senjata ini banyak digunakan oleh tentara Jepang dan juga Indonesia.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2303 seconds (0.1#10.140)