SBY bakal gelar pertemuan dengan Raja Yordania

Senin, 24 Februari 2014 - 18:43 WIB
SBY bakal gelar pertemuan dengan Raja Yordania
SBY bakal gelar pertemuan dengan Raja Yordania
A A A
Sindonews.com - Raja Yordania Abdullāh Bin Al-Hussein (Abdullah II) akan melakukan kunjungan kerja ke Indonesia pada tanggal 25-26 Februari 2014. Kunjungan tersebut merupakan kunjungan kedua Raja Abdullah II ke Indonesia selama masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Staf Khusus Presiden Bidang Hubungan Internasional, Teuku Faizasyah menjelaskan, salah satu agenda kunjungan Raja Yordania adalah melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden RI.

Dalam pertemuan tersebut, lanjut dia, kedua kepala negara akan membahas upaya peningkatan kerja sama bilateral Indonesia-Yordania di berbagai bidang, antara lain terkait perdagangan, investasi, pertahanan dan sosial budaya.

“Kunjungan kedua kalinya Raja Yordania ke Indonesia mencerminkan kesungguhan komitmen untuk semakin mempererat hubungan kedua negara, yang sejatinya selama ini telah terjalin dengan baik,” tuturnya dalam siaran persnya, Senin (24/2/2014).

Selain itu, kata dia, kedua kepala negara akan membahas perkembangan terkini di masing-masing kawasan, utamanya di Timur Tengah.

Ditambahkannya, pertukaran pikiran antara kedua kepala negara mengenai isu-isu kawasan tersebut juga sangat penting artinya memperhatikan Yordania saat ini menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB (2014-2015).

Lebih lanjut, dia menuturkan, Indonesia memiliki kedekatan historis dan juga kedekatan sosial-budaya dengan negara-negara di Timur Tengah, termasuk Yordania. Hubungan diplomatik Indonesia–Yordania dimulai pada tahun 1950.

Sejak saat itu, hubungan bilateral telah berkembang dengan baik. Diyakini terdapat banyak ruang bagi kedua negara untuk terus meningkatkan kerja sama di berbagai bidang.

Selain itu, ujar dia, dewasa ini Indonesia merupakan mitra dagang terbesar Yordania di ASEAN. "Diharapkan dari pertemuan tersebut akan semakin terbuka peluang kerja sama antar kedua negara, utamanya di bidang ekonomi,” katanya.

Seperti diketahui, kunjungan kenegaraan pertama ke Indonesia dilakukan oleh Raja Abdullah II pada tanggal 12-13 Oktober 2005. Adapun Presiden SBY melakukan kunjungan balasan ke Yordania pada tanggal 2-3 Mei 2006 yang lalu.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0628 seconds (0.1#10.140)