Hallyu: Kesuksesan yang Tidak Instan

Senin, 11 Juli 2022 - 12:34 WIB
loading...
A A A
Hallyu (gelombang budaya Korea) mencapai masa kejayaannya saat ini. Sebut saja Squid Game, Youn Yuh Jung yang membintangi film Parasite dan menyabet penghargaan Oscar, film Broker dan Decision to Leave yang memperoleh penghargaan Cannes, serta peringkat 1 Billboard yang diraih oleh BTS.

Tidak sedikit orang asing yang penasaran dengan latar belakang kesuksesan Hallyu, termasuk Indonesia. Saya pun menjawab bahwa Hallyu tidak terbentuk dalam semalam.

Hallyu bukan suatu fenomena tren sesaat. Hallyu merupakan hasil perpaduan dari beragam unsur budaya Korea yang terlestarikan selama berabad-abad dan sekaligus merupakan hasil kolaborasi antara masyarakat dan Pemerintah Korea.

Kebijakan Pemerintah Korea terkait dengan Hallyu ialah menjamin kebebasan berkreasi dalam berkarya dengan prinsip mendukung, tetapi tidak mengintervensi. Bersamaan dengan kebijakan pemerintah, dilakukan upaya lintas kementerian yang dipimpin Kementerian Budaya, Olahraga dan Pariwisata Korea Selatan.

Misalnya melakukan diversifikasi konten Hallyu, menghubungkan konten budaya dengan industri makanan dan kecantikan, serta memfasilitasi kegiatan pengenalan konten budaya Korea di luar negeri.

Indonesia adalah salah satu negara yang dilanda Hallyu. Oleh karen aitu, KCCI selalu ingat masyarakat Indonesia dan berterima kasih atas antusiasme terhadap Hallyu. KCCI menjalin kerja sama dengan Pemerintah Indonesia untuk saling berbagi pengalaman dan mengetahui berbagai hal yang terkait dengan Hallyu.

Tujuannya mempertahankan popularitas budaya Korea di Indonesia dan mendorong kebudayaan Indonesia agar mendapat perhatian dunia, seperti Hallyu.

Persaingan ketat antara K-Wave dan I-Wave di panggung internasional sebagai hasil kegiatan pertukaran budaya dan kerja sama antara Korea dan Indonesia adalah satu momen yang saya nantikan.
(poe)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2363 seconds (0.1#10.140)