PPATK Temukan Aliran Dana ACT ke Rekening Diduga Anggota Jaringan Al Qaeda

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:39 WIB
loading...
PPATK Temukan Aliran Dana ACT ke Rekening Diduga Anggota Jaringan Al Qaeda
Kepala PPATK Ivan Yustiavandana mengklaim, sempat menemukan aliran dana dari ACT ke salah seorang yang diduga anggota Al Qaeda. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Ivan Yustiavandana mengklaim, sempat menemukan adanya aliran dana dari lembaga filantropi Aksi Cepat Tanggap (ACT) ke salah satu orang yang diduga anggota Al Qaeda.

Ivan mengatakan, aliran dana tersebut diketahui menuju salah satu dari 19 orang yang ditangkap pemerintah Turki akibat diduga anggota Al Qaeda.

"Ini masih diduga ya, patut diduga terindikasi pihak, yang bersangkutan pernah ditangkap, menjadi salah satu dari 19 orang yang ditangkap oleh kepolisian di Turki karena terkait dengan Al Qaeda," ujar Ivan dalam jumpa pers, Rabu (6/7/2022).

Baca juga: PPATK Blokir 60 Rekening yang Berhubungan dengan ACT

Meski demikian, Ivan mengaku, hal itu belum menjadi acuan dalam bentuk fakta. Menurut Ivan, pihaknya masih mengkaji lebih dalam terkait dugaan tersebut. "Tapi ini masih dalam kajian lebih lanjut apakah ini memang ditujukan untuk aktivitas lain atau ini kebetulan," ungkapnya.

Baca juga: Izin ACT Dicabut, Perindo: Wajar, Pemerintah Harus Lindungi Kepentingan Publik

Seperti diketahui, Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri mendalami dugaan soal aliran dana lembaga filantropi Aksi Cepat Tanggap (ACT) yang terindikasi mengarah ke aktivitas terlarang, bahkan terorisme.

"Permasalahan ini masih dalam penyelidikan Densus 88," kata Kepala Bagian Bantuan Operasi (Kabagbanops) Densus 88 Antiteror Polri Kombes Pol Aswin Siregar, Jakarta, Selasa, 5 Juli 2022.

(cip)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1697 seconds (10.177#12.26)