Perbaiki Infrastruktur Kawasan Wisata Puncak

Senin, 20 Juni 2022 - 07:53 WIB
loading...
Perbaiki Infrastruktur Kawasan Wisata Puncak
Pengembangan kawasan wisata harus memperhatikan daya dukung lingkungan. FOTO/WAWAN BASTIAN
A A A
Pengembangan kawasan wisata mutlak harus dibarengi dengan pembangunan infrastruktur pendukungnya. Selain akses yang harus memadai, sarana pendukung lainnya juga wajib tersedia untuk memberikan kenyamanan bagi pelancong.

Masalahnya, untuk mengembangkan akses yang nyaman bagi wisatawan tidak semudah membalikkan telapak tangan. Sejumlah tantangan mesti dihadapi, terutama soal pembebasan lahan yang terkadang berlarut-larut.

Akan tetapi, adanya tantangan tersebut bukan berarti jadi penghalang untuk mencari solusi. Yang pasti, apabila ada niat yang kuat disertai dukungan anggaran yang mencukupi, semua hambatan pasti ada jalan keluarnya.

Salah satu yang menantang dalam pengembangan infrastruktur akses wisata adalah kawasan Puncak , Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Kawasan yang berbatasan dengan Kabupaten Cianjur ini merupakan titik krusial bagi akses wisata Bogor-Cianjur dan sekitarnya.

Bagaimana tidak, di jalur ini pada setiap akhir pekan kerap disesaki kendaraan yang menuju berbagai lokasi wisata. Kemacetan pun tak terhindarkan. Jika perjalanan dari Jakarta ke Puncak di waktu normal bisa ditempuh dari dua jam, di akhir pekan dapat dipastikan lebih dari itu.

Bahkan tak jarang ada pengunjung yang harus antre naik ke puncak dengan memakan waktu hingga lima jam. Itu pun lalu lintasnya sudah direkayasa sedemikian rupa termasuk sistem ganjil genap atauone way(satu arah).



Kemacetan luar biasa di jalur puncak inilah yang memunculkan wacana pengembangan jalur jalan tol dari Caringin-Puncak-Gunung Mas sepanjang 18 kilometer (km). Dengan adanya jalan tol tersebut, diharapkan dapat membantu masyarakat setempat maupun wisatawan agar lebih nyaman berkendara.

Sedianya, wacana pengembangan infrastrutur pariwisata di Puncak sudah beberapa kali disampaikan. Selain opsi jalan tol, pernah juga muncul wacana pembangunan kereta gantung wisata, dan light rail transit (LRT).

Beruntung saat ini, Pemkab Bogor bersama Pemkab Cianjutr sudah melakukan pembangunan jalur puncak dua yang dengan rute Sentul- Cipanas (Cianjur) meski belum terhubungan sepenuhnya. Jalur itu tepatnya melalui Babakan Madang-Hambalang, Sukamakmur, Pacet-Istana Cipanas.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1365 seconds (10.177#12.26)