PFRC 2024 di Bogor Tingkatkan Kompetensi dan Kesiapsiagaan Tim Tanggap Darurat

Sabtu, 24 Agustus 2024 - 08:19 WIB
loading...
PFRC 2024 di Bogor Tingkatkan...
PAMA kembali menyelenggarakan Pama Fire Rescue Challenge (PFRC) 2024. Kegiatan tahunan ini dilaksanakan selama satu minggu di PAMA CCOS Integrated Development Center, Cileungsi, Bogor. Foto: Ist
A A A
BOGOR - PT Pamapersada Nusantara (PAMA) kembali menyelenggarakan Pama Fire Rescue Challenge (PFRC) 2024. Kegiatan tahunan ini dilaksanakan selama satu minggu di PAMA CCOS Integrated Development Center, Cileungsi, Bogor.

Tujuannya meningkatkan kompetensi tim tanggap darurat (ERT) dan mempersiapkan mereka untuk kompetisi tingkat nasional.

Direktur PAMA Ari Sutrisno mengatakan, PFRC lebih dari sekadar lomba. Kegiatan ini merupakan kesempatan untuk meningkatkan keterampilan dan mendapatkan umpan balik yang konstruktif.

“PFRC adalah proses peningkatan kompetensi. Peserta tidak hanya bersaing untuk juara, tetapi juga mendapatkan evaluasi dan sertifikasi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP),” ujar Ari, Jumat (23/8/2024).

Menurut dia, perbedaan utama antara challenge dan lomba adalah adanya umpan balik langsung dari asesor yang bertujuan memajukan keterampilan peserta.

CSR-GS Division Head PAMA TH Puguh Sasetyo menjelaskan PFRC ke-9 ini juga berfungsi sebagai persiapan untuk kompetisi rescue nasional yang akan diadakan pada Oktober 2024 di Balikpapan.

“Kita juga mempersiapkan tim untuk seleksi nasional. Biasanya kita kirim tiga tim ke kompetisi tersebut,” katanya.

Selain itu, PFRC memastikan tim ERT siap menghadapi situasi darurat dan kebencanaan nasional yang kerap menjadi pertama dikontak oleh Kementerian ESDM saat bencana terjadi.

Untuk PFRC 2024, ada beberapa inovasi termasuk fasilitas baru seperti ruang terbakar dan kolam rescue yang sedang dibangun. Fasilitas ini akan meningkatkan simulasi dan pelatihan dalam skenario darurat.

“Fasilitas baru ini termasuk Wall Climbing dirancang untuk meningkatkan keterampilan tim dan mempersiapkan mereka menghadapi situasi yang menuntut keberanian dan kepercayaan diri,” ujarnya.

Tahun ini PFRC diikuti 300 peserta yang dibagi dalam 24 tim dari berbagai lokasi, termasuk PAMA Group, Astra International, PT United Tractors Tbk (UT), dan PT Agincourt Resources (PTAR).

Kegiatan ini juga mendapat apresiasi dari Koordinator Keselamatan Pertambangan Mineral dan Batubara Kementerian ESDM Dwinanto Herlambang. Dia berharap PFRC dapat lebih memajukan kemampuan tim ERT untuk mencegah insiden dan meningkatkan kesiapsiagaan di industri pertambangan yang dikenal dengan risiko tinggi.

Dengan berbagai fasilitas baru dan evaluasi mendalam, PFRC 2024 bertujuan meningkatkan keterampilan tim ERT dan kesiapsiagaan mereka dalam menghadapi berbagai tantangan darurat.
(jon)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1663 seconds (0.1#10.140)