Mengenal Pengertian Nilai Dasar Pancasila dan Contohnya dalam Kehidupan Sehari-hari

Selasa, 14 Juni 2022 - 15:50 WIB
loading...
A A A
Sebisa mungkin, hal tersebut harus dihindari. Karena pada dasarnya, semua manusia memiliki derajat sama dimata tuhannya. Sehingga perbedaan status sosial tidak akan berpengaruh pada statusnya sebagai makhluk ciptaan tuhan.

3. Nilai Persatuan

-Menghormati Setiap Perbedaan yang Muncul

Indonesia memiliki semboyan Bhineka Tunggal Ika yang artinya Berbeda-beda namun tetap satu jua. Maka dari itu, sudah sepantasnya sebagai warga negara yang baik, masyarakat bisa saling menghargai perbedaan apapun yang muncul dalam kehidupannya.

-Mengutamakan Kepentingan Bersama daripada Kepentingan Pribadi

Sifat egois seseorang terkadang mengalahkan logikanya. Tidak jarang, demi kepentingan pribadi orang tersebut rela mengorbankan orang lain, asalkan tujuannya terpenuhi.

Hal ini jelas salah dan bertentangan dengan nilai dasar Pancasila. Karena sesuai nilai Persatuan, akan lebih baik jika anggota masyarakat mengutamakan kepentingan bersama dibanding kepentingan pribadinya.
Baca juga : Pancasila Sakti

4. Nilai Kerakyatan

-Mengutamakan Musyawarah dalam Setiap Pengambilan Keputusan

Musyawarah merupakan jalan terbaik dalam mengambil keputusan. Selain tidak memihak, cara ini juga terbukti adil karena keputusan diambil berdasarkan kesepakatan bersama.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2491 seconds (0.1#10.140)