Mengenal Pengertian Nilai Dasar Pancasila dan Contohnya dalam Kehidupan Sehari-hari

Selasa, 14 Juni 2022 - 15:50 WIB
loading...
A A A
-Menghargai Saran atau Masukan dari Orang lain

Menghargai masukan dan saran juga menjadi bagian nilai kerakyatan dalam Pancasila. Dalam hal ini, tidak ada salahnya apabila menerima saran dari seseorang. Selama masukan atau saran tersebut bersifat membangun, tentunya tidak akan ada masalah yang muncul darinya.

-Tidak Memaksakan Kehendak atau Pendapat Pribadi

Dalam sebuah jajak pendapat, seseorang tidak boleh memaksakan kehendaknya. Selain menunjukan kualitas dirinya yang sesungguhnya, hal ini juga bisa memicu perdebatan lain. Akan lebih baik apabila menyampaikan pendapat dengan wajar, tanpa harus memaksa pendapat tersebut untuk diterima oleh forum.

5. Nilai Keadilan

-Berlaku Sportif pada Setiap Aktivitas yang Dilakukan

Berlaku sportif pada sebuah kegiatan mencerminkan nilai dasar keadilan pada Pancasila. Dengan mengedepankan sifat ini, tentu segala sesuatu akan berjalan dengan baik. Tanpa diliputi rasa curiga akan kecurangan yang dilakukan satu pihak.

-Turut Mengikuti Kegiatan-Kegiatan Sosial di Masyarakat

Sebagai anggota masyarakat, setidaknya kita bisa hadir dalam kegiatan-kegiatan yang diadakan di lingkungan terdekat. Sebagai contoh, ketika kerja bakti, ronda, dan kegiatan lainnya.

Sekilas mungkin tampak sepele, namun hal tersebut bisa meningkatkan rasa kebersamaan dan tenggang rasa antar anggota lingkungan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1183 seconds (0.1#10.140)