Punya Elektabilitas Tinggi, Erick Thohir Jadi Harapan Baru Masyarakat

Senin, 13 Juni 2022 - 18:20 WIB
loading...
Punya Elektabilitas Tinggi, Erick Thohir Jadi Harapan Baru Masyarakat
Figur Menteri BUMN Erick Thohir dinilai mampu menjadi harapan baru masyarakat Indonesia. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Figur Menteri BUMN Erick Thohir dinilai mampu menjadi harapan baru masyarakat Indonesia. Hal tersebut dinilai menyebabkan elektabilitas orang nomor satu di Kementerian BUMN itu melonjak tinggi.

Pengamat Politik Universitas Indonesia (UI) Meidi Kosandi mengatakan, tingginya elektabilitas Erick Thohir disebabkan oleh ekspetasi masyarakat terhadap figur yang dinilai mampu membawa perubahan. Sosok Erick Thohir dinilai mampu mengemban amanah sebagai pemimpin Indonesia.

“Mengapa elektabilitasnya tinggi, kita bisa menduga bahwa faktor penyebabnya adalah ekspektasi para pemilih yang tinggi kepada figur Erick Thohir,” ujar Meidi, Selasa (13/6/2022).



Dia melihat masyarakat membutuhkan figur yang fresh untuk memimpin Indonesia. Maka, ketika sosok Erick Thohir muncul di tengah-tengah masyarakat, figurnya langsung menarik untuk para pemilih. “Konteks persaingan politik saat ini yang menjadikan ide mendukung Erick Thohir menarik bagi pemilih,” kata Meidi.



Sebelumnya pada temuan survei terbaru yang dirilis oleh Poltracking Indonesia, Erick Thohir masuk ke dalam lima jajaran calon wakil presiden (cawapres) kuat untuk Pilpres 2024. Erick menempati posisi kedua dengan elektabilitas mencapai 16,0%.

Nama Erick Thohir hanya terpaut 2% dari Sandiaga yang sebelumny sudah pernah ikut dalam kontestasi cawapres 2019 lalu. Erick Thohir bahkan berhasil menumbangkan nama-nama yang sudah lama berkecimpung di perpolitikan Indonesia seperti Agus Harimurti Yudhoyono, Ridwan Kamil dan Puan Maharani.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1736 seconds (0.1#10.140)