Mahfud Ingatkan Sejarah Kelahiran Pancasila sebagai Dasar Negara

Rabu, 01 Juni 2022 - 07:46 WIB
loading...
Mahfud Ingatkan Sejarah Kelahiran Pancasila sebagai Dasar Negara
Menkopolhukam Mahfud MD menyebut Pancasila sebaga kesepakatan luhur seluruh elemen bangsa. Foto/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) RI, Mahfud MD menyampaikan selamat Hari Lahir Pancasila kepada seluruh masyarakat Indonesia.

Hal tersebut seperti yang ia sampaikan dalam akun media sosial Twitternya pada Rabu (1/6/2022). "Selamat Hari Lahir Pancasila," tulis Mahfud MD.



Ia kemudian menceritakan mengenai asal mula lahirnya Pancasila sebagai dasar negara. "77 tahun yang lalu, 1 Juni 1945, Bung Karno menyampaikan pidato di Sidang BPUPK tentang dasar negara yang diusulkannya yakni Pancasila," kata Mahfud MD.

Setelah dilahirkan Pancasila, Mahfud MD mengungkapkan dibentuk Tim 9 yang kemudian mengolah usulan menjadi Piagam Jakarta. "Tanggal 22 Juni 1945 Bung Karno memimpin Tim 9 yang mengolah usulnya menjadi "Mukaadimah" yang dikenal sebagai Piagam Jakarta," jelas Mahfud MD.

Menurut Mahfud, Pancasila merupakan kesepakatan luhur seluruh elemen bangsa. "Pancasila adalah kesepakatan luhur (mietsaqon gholiedza) yang menjadikan Indonesia sebagai 'dar al mietsaq' atau "dar al ahdi' atau negara 'kesepakatan dalam perjanjian kolektif," kata Mahfud.

Dengan kesepakatan bersama Pancasila itulah, lanjut Mahfud, seluruh daerah di Indonesia dipersatukan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). "Kita bersatu dalam titik temu (kalimatun sawa), bersatu dalam keberagaman. Subhanallah walhamdulillah wallahu akbar," kata Mahfud.



Proses dilahirkannya Pancasila kata Mahfud MD mengalami proses perbaikan dan memastikan seluruh elemen bangsa menyepakati pembukaan UUD 1945 pada 18 Agustus 1945 atau sehari setelah pembacaan proklamasi.

"Setelah melakukan perbaikan dengan kesepakatan baru pada tanggal 18 Agustus 1945, PPK menyepakati 'Mukaddimah' menjadi 'Pembukaan' UUD 1945 yang memuat 5 sila dasar negara yang isinya adalah Pancasila yang kita sepakati sekarang ini sebagai 'mietsaqon gholidza' atau kesepakatan luhur," tutur Mahfud.

Presiden Jokowi hari ini telah berada di Kabupaten Ende Nusa Tenggara Timur untuk memimpin upacara Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 di Lapangan Pancasila.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1194 seconds (0.1#10.140)