Garuda Pancasila, Antara Lirik, Makna dan Pencipta

Selasa, 31 Mei 2022 - 13:05 WIB
loading...
Garuda Pancasila, Antara Lirik, Makna dan Pencipta
Lagu Garuda Pancasila kerap dikumandangkan pada saat memperingati hari kelahiran Pancasila yang jatuh setiap 1 Juni. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Lagu Garuda Pancasila kerap dikumandangkan pada saat memperingati hari kelahiran Pancasila yang jatuh setiap 1 Juni. Seperti lagu nasional lainnya, lagu Garuda Pancasila tentu memiliki makna.

Makna dalam lagu nasional tentunya bertujuan menumbuhkembangkan kembali semangat generasi muda dalam perjuangan memajukan bangsa Indonesia. Apalagi, lagu ini diambil dari lambang dasar negara.
Baca juga : Konstitusionalisme Pancasila

Berikut lirik, makna dan pencipta lagu Garuda Pancasila seperti dikutip dari berbagai sumber :

1. Lirik Lagu Pancasila

Garuda pancasila

Akulah pendukungmu

Patriot proklamasi

Sedia berkorban untukmu

Pancasila dasar negara

Rakyat adil makmur sentosa

Pribadi bangsaku

Ayo maju maju

Ayo maju maju

Ayo maju maju

Garuda pancasila

Akulah pendukungmu

Patriot proklamasi

Sedia berkorban untukmu

Pancasila dasar negara

Rakyat adil makmur sentosa

Pribadi bangsaku

Ayo maju maju

Ayo maju maju

Ayo maju maju

2. Pencipta Lagu Garuda Pancasila

Lagu Garuda Pancasila ini diciptakan oleh Prohar Sudharnoto pada 1956. Saat itu, Sudharnoto merupakan kepala seksi musik di RRI Jakarta.

Lagu Garuda Pancasila yang diambil dari lambang dasar negara ini dibuat bersamaan dengan momen selesainya pelaksanaan pemilu untuk pertama kalinya.
Baca juga : Addie MS Sayangkan Anak Muda Zaman Sekarang Tidak Tahu Lagu Wajib Nasional

3. Makna Lagu Garuda Indonesia

Lagu Garuda Pancasila diambil dari lambang negara Indonesia, yang terdiri dari lima simbol. Setiap simbol memiliki makna dan arti masing masing sesuai dengan yang tercantum pada Undang Undang Dasar 1945.

Tiap bait lagu Garuda Pancasila memiliki makna tersendiri. Mulai dari Garuda Pancasila, "akulah pendukungmu" yang berarti kita perlu menjunjung tinggi Pancasila sebagai bukti kedaulatan bangsa dan negara.

Lirik berikutnya adalah "Patriot proklamasi, Sedia berkorban untukmu" bermakna pejuang kemerdekaan/pejuang bangsa yang akan selalu siap sedia berkorban untuk negeri.

Kemudian "Pancasila dasar negara, Rakyat adil makmur sentosa" berarti Pancasila sebagai dasar akan membawa keadilan, kemakmuran dan kedamaian sentosa akan dirasakan oleh seluruh rakyat Indonesia jika diterapkan dengan sesuai.

Untuk bait terakhir "Pribadi bangsaku, Ayo maju maju, Ayo maju maju, Ayo maju maju" mendorong semangat bangsa Indonesia untuk pantang menyerah dan terus maju.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1857 seconds (0.1#10.140)