Mengenal 4 Faktor Penghambat dan Pendorong Integrasi Nasional

Senin, 30 Mei 2022 - 16:16 WIB
loading...
A A A
Setelah memahami faktor penghambat integrasi nasional, anda juga perlu mengetahui faktor yang bisa menjadi pendorong terwujudnya integrasi nasional.

1. Muncul Keinginan untuk Bersatu

Perbedaan yang ada di masyarakat sebenarnya bukanlah masalah besar, selagi setiap warganya memiliki kemauan untuk bersatu. Hanya saja, satu pertanyaan yang muncul adalah maukah masyarakat untuk benar-benar bersatu demi bangsa?.

Dalam sila ketiga Pancasila, sebenarnya sudah dijelaskan ‘Persatuan Indonesia’. Tinggal bagaimana masyarakat sendiri terketuk hatinya untuk turut andil dalam mewujudkan keinginan menyatukan bangsa Indonesia ini.

2. Adanya Perasaan Senasib dan Seperjuangan

Jika berbicara tentang pendorong integrasi nasional, mungkin faktor inilah yang paling bisa direalisasikan. Sejarah kelam yang menimpa bangsa tentunya menjadi kenangan pahit bersama. Hingga pada akhirnya, 17 Agustus 1945, perjuangan yang dilakukan semua elemen masyarakat membuahkan hasil dalam bentuk kemerdekaan.

Masyarakat harus bisa mempertahankan rasa senasib dan seperjuangan ini. Jika dahulu digunakan untuk berjuang mengusir penjajah dan merebut kemerdekaan. Maka saat ini, bisa digunakan untuk memperkuat stabilitas nasional, dengan harapan bisa mendorong atau mendukung terwujudnya integrasi nasional.

3. Muncul Ancaman dari Luar

Walaupun sudah merdeka, tetap tidak menutup kemungkinan bahwa akan munculnya sebuah ancaman suatu hari kelak. Maka dari itu, hendaknya semua masyarakat Indonesia turut serta dalam mengantisipasi ancaman-ancaman yang masuk.

4. Ideologi Nasional
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1154 seconds (0.1#10.140)