Mudik Lebaran Lancar, BUMN Perlu Segera Selesaikan Pembangunan Sejumlah Tol Ini

Jum'at, 06 Mei 2022 - 14:19 WIB
loading...
A A A
Djoko menilai, fasilitas yang diberikan PT KAI untuk penumpang mudik sudah menunjukan peningkatan yang signifikan. Pembenahan yang dilakukan Erick Thohir di PT KAI membuahkan hasil perubahan pelayanan yang signifikan bagi penumpang kereta api. Kenyamanan dan keamanan penumpang di semua kelas KAI sudah meningkat signifikan.



Untuk pelayanan transportasi udara, Joko melihat tak ada kendala yang berarti di penyediaan infrastruktur bandar udara. Kendala yang terjadi di arus mudik Lebaran untuk sektor angkutan udara semata-mata disebabkan keterbatasan armada pesawat. Infrastruktur bandar udara dinilai Djoko sudah sangat memadai.

Djoko menyebut yang masih perlu peningkatan infrastrukturnya ialah pelabuhan penyebrangan di Merak-Bakauheni. Dengan tersedianya konektivitas yang bagus di ruas Tol Trans Jawa dan Trans Sumatera membuat potensi arus kendaraan bermotor akan meningkat.

Selain itu, Djoko mengatakan, dengan meningkatnya arus kendaraan bermotor, perlu diimbangi dengan peningkatan kapasitas pelabuhan penyebrangan Merak-Bakauheni.

"Dengan adanya ruas Tol Trans Jawa dan Trans Sumatera, masyarakat yang biasanya menggunakan pesawat kemungkinan besar akan beralih menggunakan kendaraan bermotor untuk mudik. Buktinya sudah ada yaitu terjadi penumpukan penyebrangan dari Jawa ke Sumatera di arus mudik kemarin. Ini yang harus diantisipasi pemerintah dan BUMN untuk dapat menampung volume kendaraan yang akan melintas antara pulau Jawa dan Sumatera," tutupnya.
(cip)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1208 seconds (0.1#10.140)