Mari Bersalam-salaman

Senin, 02 Mei 2022 - 13:53 WIB
loading...
A A A
Globalisasi telah mengendalikan kita semua. Banyak yang sudah menjadi kesepakatan. Nilai-nilai semakin merapatkan antar manusia. Begitu juga wabah dan pegebluk, semua saling berbagi. Tidak ada lagi bangsa yang selamat ketika ada krisis melanda negeri. Semua akan tertular juga. Kita satu manusia, satu jenis spiesies homo sapiens.

Kita sama DNA-nya. Kita menanggung senasib seperjuangan, yaitu sedang menghadapi dunia ini yang sepertinya bertambah sempit. Alam sepertinya sedang memberi hukuman kepada kita. Pandemi dua tahun ini memberi banyak pelajaran, agar merasa tidak benar sendiri. Semua asumsi dan kepercayaan di depan pandemi runtuh.

Semua membutuhkan obat, perawatan, vaksin, dan saling menguatkan: tanpa pandang agama, iman, mazhab, etnis, atau bahasa. Semua sama kemungkinan hidup dan matinya di hadapan virus Corona. Semua sama hati-hatinya di hadapan mutase virus yang begitu cepat. Kita sama-sama mencari keselamtan jiwa. Kita sama kepentingannya, bertahan hidup.

Idul Fitri ini semoga mengembalikan kepercayaan diri kita. Sebagai manusia, sebagai warga negara. Mari saling bersalaman. Mari saling berangkulan. Mari ingatkankan kembali rasa persaudaraan, persahabatan, perkawanan, dan saling memahami antara kita.

Selamat Hari Raya Idul Fitri mohon maaf lahir dan batin. Minal Aidin wal Faizin.
(kri)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1127 seconds (0.1#10.140)