Geliat Pembangunan IKN Sudah Terlihat, Kepala BIN: Kearifan Lokal Tak Akan Tergerus

Minggu, 24 April 2022 - 13:42 WIB
loading...
A A A
Salah satu prinsip yang dipegang teguh pemerintah dalam pembangunan IKN Nusantara, lanjut Guru Besar Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) ini adalah inklusifitas. “Masyarakat tidak akan terpinggirkan baik dalam proses pembangunan maupun saat kota Nusantara telah dihuni dan berkembang,” katanya.

IKN didesain sebagai kota yang inklusif, humanis, dibangun untuk semua. Implementasinya antara lain dengan melibatkan potensi sumber daya manusia (SDM) di Kalimantan, di samping SDM yang didatangkan dari luar sebagai cerminan kebhinekaan yang memang menjadi ciri khas Indonesia.

“Kampung dan dusun yang memang telah ada akan menjadi penyangga kota inti yang akan ditata menjadi smart village. Kebudayaan dan kearifan lokal tidak akan tergerus, tetapi direvitalisasi menjadi bagian dari jiwa IKN Nusantara. Ini adalah sinergi antara kearifan lama yang terbukti baik dengan nilai-nilai baru yang terbukti memberi keunggulan,” tegas Budi Gunawan.

Sebab, lanjut tokoh yang dikenal bertangan dingin dalam pengembangan SDM intelijen Indonesia ini, keberhasilan pembangunan IKN tidak diukur dari capaian fisik semata, tapi juga dari peradaban luhur manusia di dalam dan di sekelilingnya. Manusia akan menjadi elemen terpenting IKN Nusantara.
(kri)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1395 seconds (0.1#10.140)