Moral Bangsa Meningkat

Jum'at, 22 April 2022 - 12:55 WIB
loading...
A A A
Demokrasi kita saat ini memungkinkan kita untuk berpendapat dan bersuara. Tidak serta merta yang bersuara terbungkam. Tentu ada kelemahan sana dan sini, itu wajar. Berkat perkembangan sistem dan juga teknologi informasi serta media, moral bangsa meningkat.

Moral bangsa memang meningkat dari segi publik. Jadi sangatlah berlebihan jika ada pendapat mengatakan moral bangsa menurun total, atau bahkan secara pesimis mengatakan hancur.

Dengan mengeluarkan pendapat seperti itu dan masih aman-aman saja menunjukkan bahwa keamanan orang yang mempunyai pendapat itu terjamin. Demokrasi meningkat. Tentu ada catatan yang harus dilihat lagi. Ada sisi-sisi yang harus ditingkatkan. Tetapi kita bersyukur sistem ini berjalan dan kita bisa hidup dengan wajar.

Bahkan karena peran media sosial dan bebasnya kehidupan era saat ini, di mana keahlian dan kepakaran sedang tergugat, kebebasan ini sepertinya justru yang harus dipikirkan ulang. Bagaimana kebebasan itu disertai dengan tanggung jawab dan hendaknya diperbaiki.

Dari segi keterbukaan informasi, sebagai salah satu elemen demokrasi, moral kita terkondisikan meningkat. Jika ada catatan, itu wajar. Mari syukuri.
(poe)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2757 seconds (0.1#10.140)