Serangan Rusia ke Ukraina, di Manakah Hukum Internasional?

Kamis, 24 Maret 2022 - 17:50 WIB
loading...
A A A
Dengan kata lain bahwa hukum humaniter internasional tidak “dilahirkan” untuk melarang adanya peperangan. Karena para ahli hukum internasional sepakat bahwa perang adalah sesuatu yang tidak dapat terelakkan (inevitable) . Hukum humaniter internasional tersebut lebih dimaksudkan untuk dapat mengurangi akibat atau dampak yang muncul dari adanya peperangan. Sehingga perang tersebut kemudian tidak menjadi sebuah perang yang brutal dan tanpa batas.

Secara prinsip, seharusnya negara-negara yang terlibat dalam konflik bersenjata, termasuk Rusia dan Ukraina menerima ketentuan dalam hukum humaniter internasional tersebut sebagai “aturan main”. Apalagi kedua negara tersebut merupakan negara yang turut meratifikasi sejumlah aturan hukum internasional yang berkaitan dengan hukum humaniter internasional, seperti 4 Konvensi Genewa 1949 dan Protokol Tambahan 1977.

Akan tetapi dalam praktiknya, perlindungan dan penghormatan terhadap penduduk sipil yang tidak bersalah ini sering kali terabaikan, atau sengaja diabaikan. Pengabaiann tersebut pada akhirnya menjadikan perang sebagai peperangan yang menghancurkan dan menimbulkan penderitaan yang luar biasa kepada penduduk sipil yang tidak bersalah.

Selanjutnya, sebagai pihak yang berkonflik, Rusia dan Ukraina juga memiliki kewajiban untuk dapat “membedakan” (distinction principle) antara objek militer dan objek sipil, termasuk antara kombatan dengan warga sipil.

Akan tetapi, tampak jelas bahwa dalam banyak contoh konflik bersenjata (termasuk yang sedang terjadi saat ini dalam serangan Rusia ke Ukraina), warga sipil dan infrastruktur sipil seperti rumah, apartemen, tempat ibadah dan rumah sakit sering kali menjadi target serangan yang disengaja dan hal tersebut tentu saja merupakan pelanggaran fundamental terhadap sejumlah aturan dan ketentuan dalam hukum internasional, khususnya hukum humaniter internasional.

"Uniting for Peace"
Selanjutnya, penting juga untuk melihat bagaimana hukum internasional mengatur mengenai penggunaan kekuatan bersenjata dalam sengketa internasional.

Aturan hukum internasional kontemporer yang paling umum tentang konflik bersenjata dapat ditemukan dalam Piagam PBB yang menjadi ketentuan umum yang mengatur Mengenai hubungan antara negara-negara di dunia.Dalam Pasal 2 ayat (4) Piagam PBB terdapat ketentuan yang sangat jelas menyebutkan bahwa setiap negara harusmenahan diri dalam hubungan internasional mereka dari penggunaan kekerasan atau kekuatan bersenjata terhadap integritas teritorial atau kemerdekaan politik negara lainnya.

Pengecualian terhadap ketentuan mengenai larangan penggunaan kekerasan atau kekuatan bersenjata tersebut diatur dalam pasal 51 Piagam PBB yang menyatakan bahwa penggunaan kekuatan bersenjata diperkenankan sepanjang dilakukan untuk melaksanakan hak pembelaan diri (right of self-defence), dan juga dapat dilakukan jika terdapat otorisasi dari Dewan Keamanan PBB dalam rangka menjaga perdamaian dan keamanan internasional.

Artinya, selain dua skenario tersebut, setiap negara di dunia dilarang untuk menggunakan kekerasan bersenjata terhadap negara lainnya, dan ketentuan tersebut harus dipegang teguh dan menjadi kewajiban serta mengikat semua negara anggota PBB.

Dengan kata lain, serangan Rusia terhadap Ukraina yang terjadi saat ini adalah tindakan yang tidak dapat dibenarkan dan merupakan pelanggaran yang serius terhadap norma dan ketentuan hukum internasional. Karena tidak ada hal yang relevan dan faktual yang telah dilakukan Ukraina hingga saat ini yang dapat ditafsirkan sebagai “serangan bersenjata” terhadap Rusia dan kemudian membenarkan klaim Rusia untuk “membela diri” sehingga menyerang Ukraina.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1121 seconds (0.1#10.140)