Ekspor Dibuka, Konsorsium APD Minta Utamakan Kebutuhan dalam Negeri

Rabu, 17 Juni 2020 - 01:15 WIB
loading...
A A A
"Karena rata-rata harganya tinggi, ada juga yang sangat rendah itu biasanya impor dari tiongkok atau Korea. Tentu kita ingin menyelamatkan para tenaga medis, kita sudah diskusikan juga dengan IDI (Ikatan Dokter Indonesia), tentang pemenuhan APD yang berkualitas itu. Karena jika tidak, korban dari tenaga medis kita akan terus berjatuhan," ucapnya.

Produksi APD oleh konsorsium ini melibatkan pula kerjasama dengan PT Braga Teknologi Nusantara dalam menciptakan aplikasi Indonesia bertahan (Intan). Aplikasi itu mampu menginformasikan serta membaca sebaran Covid-19 di lingkungan sekitar.

Hal itu dijelaskan Chief Operating Officer (COO) PT EKI, Farizan Fajari (22). Menurut dia, aplikasi Intan dapat didownload di Appstore dan sangat berfungsi mengurangi rentetan penyebaran Covid-19. Sejumlah UMKM pun dilibatkan dalam pengembangan aplikasi tersebut.

"Nantinya Intan ini adalah untuk men-generik big data, big data untuk apa? untuk mengetahui informasi data-data yang berhubungan dengan Corona, misalkan di mana lokasi yang positif, di mana yang ODP dan PDP. Ketika sudah didownload, maka jika kita berada pada radius beberapa meter dari orang tersebut, maka ada notifikasinya," tutur Farizan yang saat ini tengah mengambil gelar S3 di Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UI.

Disampaikan dia, perbedaan aplikasi Intan dengan aplikasi Covid-19 lainnya adalah terletak pada perizinan yang dikantongi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). "Selain berfungsi bagi masyarakat, tapi juga bagi UMKM kecil. Aplikasi ini sudah mengantongi izin dan melalui proses verifikasi dari OJK," katanya.

PT EKI sendiri merupakan konsorsium yang bergerak dalam pengembangan energi. Namun sejak wabah Covid-19 melanda, konsorsium ini mengalihkan sebagian fokusnya guna membantu pemerintah memenuhi kebutuhan APD bagi tenaga medis.

Tercatat, APD yang disalurkan bagi Kementerian Kesehatan telah mencapai sekira 3,3 juta set. Kerjasama itu tertuang dalam surat pemesanan Kemenkes No KK.02.01/1/460/2020 tertanggal 28 Maret 2020. Barang baku yang digunakan berasal dari Korea Selatan dengan spesifikasi standar WHO.

Bisnis yang digeluti konsorsium PT EKI sangat berkembang pesat, pada tahun ini saja proyeksi pembukuan keuangan perusahaan mencapai sekira Rp1 triliun dari produksi APD. Meski memiliki nilai fantastis, transparansi penggunaan anggaran tetap diawasi ketat dan profesional.

"Kami memproyeksikan untuk tahun ini pembukuan Rp1 triliun dari proyek APD tersebut. Selain itu, kami disini mempunyai sistem yang cukup transparan, jadi aman, termonitor, transparan. Karena kami kebanyakan generasi milenial, maka posisi kami melengkapi para direksi yang lain, dengan pemikiran kami sebagai anak-anak muda," kata Chief Financial Officer (CFO) PT EKI, Farahiyah Adzani (21).
(mhd)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1348 seconds (0.1#10.140)