Menengok Makam 4 Presiden RI, Habibie yang Paling Sederhana

Rabu, 16 Maret 2022 - 06:35 WIB
loading...
A A A
Menuju makam Soeharto, pengunjung jalan berundak, berkelok, dan mendaki. Pusara Soeharto berada di cungkup Argosari, bangunan utama kompleks makam. Di situ terdapat pula makam istrinya, Tien Soeharto, dan makam orangtua Tien. Cungkup Argosari ini merupakan bangunan Joglo dengan gaya Solo. Dindingnya kayu ukir, sementara lantainya marmer. Terdapat empat tiang utama di dalam cungkup ini yang terbuat dari beton dengan lapisan kayu ukir dari Jepara.


Makam Gus Dur

Menengok Makam 4 Presiden RI, Habibie yang Paling Sederhana

Foto/dok.SINDOnews

Abdurrahman Wahid atau Gus Dur menjadi presiden menggantikan BJ Habibie. Masa bakti Gus Dur dimulai tahun 1999 dan berakhir pada 2001. Sebelum menjabat presiden, Gus Dur adalah Ketua Umum PBNU. Ia memang tumbuh dan dibesarkan di lingkungan NU, lantaran organisasi tersebut didirikan oleh kakeknya, KH Hasyim Asy’ari.

Gus Dur lahir pada 7 September 1940 di Jombang, Jawa Timur. Di usia 69 tahun, Gus Dur meninggal dunia, tepatnya pada 30 Desember 2009. Ia dimakamkan di kompleks Pondok Pesantren Tebuireng, Cukir, Jombang. Di tempat itu pula terdapat makam sang ayah, KH Wahid Hasyim, dan kakek Gus Dur, yang keduanya merupakan pahlawan nasional.

Memasuki kompleks makam, peziarah akan mendapati lorong panjang yang di kiri dan kanannya berjajar pedagang oleh-oleh. Lokasi makam Gus Dur terletak di pojok bagian utara kompleks, di dalam area yang berpagar. Nisan makam bertuliskan “Di Sini Berbaring Seorang Pejuang Kemanusiaan” dalam empat bahasa, yakni Indonesia, Arab, Inggris, dan bahasa China.

Makam BJ Habibie

Menengok Makam 4 Presiden RI, Habibie yang Paling Sederhana

Foto/facebook

Presiden ketiga Indonesia, BJ Habibie, mulai menjabat sebagai presiden selepas lengsernya Soeharto pada 1998. Ia menjadi wakil presiden yang mendampingi Soeharto di masa terakhirnya. Kisah Habibie tak berbeda jauh dengan Soeharto. Pada 1999, laporan pertanggungjawabannya sebagai presiden ditolak MPR.

Habibie lahir di Parepare, 25 Juni 1936. Ia mengembuskan napas terakhir pada 11 September 2019. Makam Habibie Sesuai keinginannya, Habibie dimakamkan di samping makam istrinya, Hasri Ainun, yang wafat lebih dulu, di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata, Jakarta Selatan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1206 seconds (0.1#10.140)