Hasto Minta Erick Thohir Duduk Bareng Menpora dan PSSI Rancang Sepak Bola

Senin, 03 Januari 2022 - 00:17 WIB
loading...
Hasto Minta Erick Thohir Duduk Bareng Menpora dan PSSI Rancang Sepak Bola
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. Foto: Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Meskipun harus puas menjadi runner-up Piala AFF Suzuki Cup 2020 untuk kali keenam. Timnas Indonesia yang sebagian besar bermaterikan pemain muda mendapat apresiasi dari banyak pihak. Penampilan menarik skuat Garuda dinilai konsisten sepanjang perhelatan AFF 2020 ini.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, agar seluruh elemen masyarakat perlu memberikan dukungan nyata kepada timnas, terutama mereka yang memiliki ketertarikan membangun sepak bola Indonesia.

"Sosok seperti Erick Thohir, Maruarar Sirait, Gibran Rakabumi, Raffi Ahmad, dan lain-lain yang dikenal memiliki perhatian besar terhadap sepak bola diharapkan bisa duduk bersama dengan pengurus PSSI dan Menpora Zainudin Amali guna merancang pembinaan sepak bola di tanah air sehingga kelak kita memiliki timnas yang andal," ujar Hasto di Jakarta, Minggu (2/1/2022).

Hasto menambahkan, pemerintah dan pihak terkait untuk terus menerus mendesain Timnas Indonesia yang andal, memiliki fighting spirit, dan kemampuan profesional ditinjau dari aspek strategi, teknik, kemampuan individu, kerja sama tim, dan daya tahan yang tinggi.



"Pembinaan sepak bola sejak dini sangatlah penting sehingga nantinya bisa menghasilkan timnas yang mampu menjadi juara setidaknya di ASEAN. Itulah salah satu mimpi rakyat Indonesia," tegas Hasto.

Perlu adanya strategi dari awal, mulai dari mencari bakat, rekrutmen, latihan ke negara-negara kuat, hingga pembinaan secara sistemik. Politikus asal Yogyakarta itu menyatakan Indonesia adalah negara besar dengan penduduk lebih dari 270 juta. Seharusnya, Indonesia memiliki bibit-bibit unggul bagi hadirnya kesebelasan nasional yang tangguh.

Hasto mengungkapkan laga final leg kedua antara Indonesia melawan Thailand yang berakhir imbang 2-2 dinilai cukup baik di dibanding pada leg pertama dimana Indonesia kalah 0-4.

Namun, Hasto melihat Timnas Indonesia secara keseluruhan telah tampil baik sepanjang turnamen Piala AFF dan bahkan bisa melaju ke final meski dengan didominasi pemain muda. "Para pemain sudah berjuang keras. Tetapi kekalahan itu harus diterima dan menjadi pemacu untuk berhasil di masa mendatang," kata Hasto.

Hasto juga melihat masyarakat menanggapi positif permainan Timnas Indonesia. Namun di sisi lain, masyarakat juga mengharapkan kesebelasan tanah air meraih prestasi di tingkat internasional.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2052 seconds (0.1#10.140)