Pasien Omicron Lolos dari Karantina, Menkes Jadikan Pelajaran

Selasa, 28 Desember 2021 - 09:08 WIB
loading...
Pasien Omicron Lolos dari Karantina, Menkes Jadikan Pelajaran
Menkes Budi Gunadi Sadikin mengatakan lolosnya pasien Covid-19 dari varian Omicron saat karantina di Wisma Atlet merupakan pembelajaran untuk pemerintah. Foto/BNPB
A A A
JAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan lolosnya pasien Covid-19 dari varian Omicron saat karantina di Wisma Atlet merupakan pembelajaran untuk pemerintah. Tidak menutup kemungkinan ke depan aturannya akan diubah.

"Alhamdulillah (pasien Omicron) sudah negatif. Tapi ini pelajaran buat kami aturannya kami akan ubah, kalau tes satu positif, tes dua negatif, harus ada tes ketiga," ujar Budi usai mengikuti rapat koordinasi di Gedung Kemendagri, Jakarta, Senin (27/12/2021).

Budi menerangkan mulanya ada seorang warga negara Indonesia (WNI) berjenis kelamin perempuan tiba ke Tanah Air dari Inggris. "Pada saat dia dites pertama positif. Dia minta tes pembanding memang boleh, dites hasilnya negatif," jelasnya.

Berdasarkan hasil tes negatif itu, perempuan tersebut meminta diskresi agar melakukan karantina mandiri di rumah. Pengajuan diskresi tersebut ke Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta.

"Kemudian diberikan ke Dinas Kesehatan DKI diminta boleh tapi harus isolasi di rumah dan kebetulan rumahnya bisa untuk isolasi," ungkap Budi.

Setelah lima hari kemudian, ternyata hasil positif Covid-19 perempuan tersebut adalah varian Omicron. Akhirnya pemerintah pun mengejar kembali orang tersebut.

"Lima hari kemudian kita lihat hasil positifnya Omicron. Jadi ini kita kejar lagi yang bersangkutan kita tes lagi," jelasnya.

Pemerintah kembali melak ukan tes terhadap perempuan tersebut dan anggota keluarganya. Kini mereka sudah dinyatakan negatif Covid-19.

Sebagai informasi, Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan bahwa ada seorang warga yang lolos karantina di Wisma Atlet. Padahal dia terkonfirmasi positif varian Omicron.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2599 seconds (0.1#10.140)