Tantangan Pilkada di Tengah Pandemi Covid-19

Selasa, 09 Juni 2020 - 07:36 WIB
loading...
A A A
Demikian pula dengan tahapan berikutnya, seperti coklit daftar pemilih sampai ditetapkan daftar pemilih tetap dalam pilkada, bentuk sosialisasi dan bimtek yang memadai, pengadaan logistik, prosedur regruping TPS untuk membatasi kerumunan, pembiayaan tahapan yang harus disesuaikan dengan kondisi kekinian pandemi Covid-19 di setiap daerah pemilihan. Standardisasi penyelenggaraannya menjadi penting dalam menjaga keselamatan rakyat untuk memperbaiki kepercayaan publik terhadap kredibilitas penyelenggara pemilu sekaligus kualitas penyelenggaraannya.

Kesiapan Pelaksanaan Protokol Kesehatan
Di satu sisi, tetap menjalankan proses demokratisasi lokal melalui pilkada sesuai ketentuan, namun perihal yang juga amat penting adalah melakukan semua upaya untuk menjaga keselamatan semua pihak di tengah pandemi Covid-19. Pelaksanaan protokol kesehatan sesuai dengan standar dalam setiap tahapan menjadi stimulus semangat melakukan kerja-kerja demokratisasi, baik oleh penyelenggara maupun masyarakat dengan rasa aman.

Kesiapan semua pihak mulai dari percepatan regulasi teknis, inovasi yang menyesuaikan dengan ketentuan berlaku, termasuk disiplin pemilih yang ketat menjadi hal utama agar tujuan terlaksananya pilkada yang demokratis dengan harapan legitimasi tinggi terhadap hasil dapat terjadi dan tetap peduli keselamatan dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini. Demikian pula dengan kondisi sosiologis masyarakat pemilih menjadi perhatian bahkan pertimbangan pelaksanaan perencanaan kebijakan dengan dukungan penuh semua pihak.

Mengadakan pemilihan di tengah krisis kesehatan masyarakat sudah menjadi keputusan yang diambil pembuat kebijakan, namun perencanaan yang besar, terarah, dan segara melalui ketentuan teknis menjadi keniscayaan untuk menghindari memperburuk situasi pandemi Covid-19 di tengah masyarakat. Wallahu’alam.
(mhd)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1084 seconds (0.1#10.140)