Upaya Mensos Gandeng Ormas Salurkan Bantuan Sosial Diapresiasi

Minggu, 07 Juni 2020 - 22:16 WIB
loading...
Upaya Mensos Gandeng Ormas Salurkan Bantuan Sosial Diapresiasi
Menteri Sosial Juliari P. Batubara menyerahkan bantuan kepada Ketua Umum Pimpinan Pusat GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Sosial Juliari P. Batubara menyatakan, kemitraan negara dengan masyarakat termasuk ormas, sangat diperlukan dalam menangani berbagai masalah bangsa. Karena tantangan yang harus diatasi negara tidaklah sederhana, termasuk dalam menghadapi pandemi Covid-19 seperti saat ini.

Menurutnya ada ruang dimana negara, dalam hal ini Kementerian Sosial (Kemensos), tidak bisa menjangkau karena keterbatasan sumber daya dan kemampuan. Oleh sebab itu, beberapa hari yang lalu, Kemensos melibatkan komunitas pekerja film, sinetron, seniman, dan berkolaborasi dengan Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) dan Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) dalam pendisribusian bansos sembako bantuan Presiden kepada masyarakat terkena dampak Covid-19. (

Sementara Kordinator Nasional Aliansi Mahasiswa dan Milenial untuk Indonesia ( AMMI) Nurkhasanah sangat mengapresiasi ketika menyaksikan Kemensos menggandeng organisasi kepemudaan (GP Ansor dan GAMKI) untuk berkolaborasi mendistribusikan bantuan presiden (Banpres) kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

“Kolaborasi ini yang harus ada dan terus dilakukan oleh semua Kementerian dan Lembaga dengan ormas, karena ormas memiliki jaringan sampai ke simpul simpul masyarakat paling bawah, ini aksi nyata yang dilakukan pemuda demi menjembatani antara pemerintah dengan masyarakat,” ungkap Nurkhasanah. (Baca juga:Mensos Juliari Pastikan Rakyat Merasakan Manfaat PKH)

Sebagai informasi, Kemensos pada Sabtu 6 Juni 2020 telah menyerahkan bansos sembako bantuan Presiden melalui dua organisasi kemasyarakatan (ormas) yakni Gerakan Pemuda Ansor dan Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI). Masing-masing ormas mendapatkan alokasi bantuan sebanyak 1.000 paket bansos sembako. Kemitraan ini juga akan dilakukan dengan ormas lain untuk meningkatkan jangkauan penerima bansos.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2278 seconds (0.1#10.140)